Solok Kota Lintasmedianews.com - Sebagai bentuk empati dan solidaritas atas situasi yang terjadi di Jalur Gaza, Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar menyerahkan sumbangan kemanusiaan dari masyarakat Kota Solok untuk rakyat Palestina berupa uang tunai senilai total Rp415 juta melalui Kedutaan Besar Palestina di Indonesia.

Donasi itu diterima secara simbolis oleh Duta Besar Palestina untuk Indonesia Dr. Zuhair Al-Shun di Kantor Kedubes Palestina, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, (5/3).

Wako Zul Elfian datang ke Kedutaan Besar Palestina bersama Ketua BAZNAS Kota Solok, Zaini, Kepala Dinas Kominfo, Heppy Dharmawan, dan Kabag Kesra, Feri Handria.

Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Kota Solok, tidak hanya dalam bentuk materil, namun juga bentuk dukungan moril pun sangat berarti bagi masyarakat Palestina di terutama di Jalur Gaza yang tengah bertahan dan berjuang untuk negerinya.

“Kami ucapkan apresiasi dan terima kasih atas bantuan saudara kami di Kota Solok, Ini adalah sebuah solidaritas yang luar biasa. Semoga Allah SWT membalasnya dengan berlipat ganda,” ungkap Zuhair.

Lebih lanjut Zuhair mengajak masyarakat dunia, khususnya komunitas muslim, untuk sama-sama memperhatikan bahwa kondisi di Negeri Palestina saat ini sangat buruk. Bahwa rakyat Palestina kondisinya sangat menderita dengan terjadinya konflik dan perang berkepanjangan.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Solok mengatakan penyaluran bantuan kemanusiaan untuk warga gaza yang dipercayakan penggalangannya kepada BAZNAS diserahkan penuh penanganannya kepada Kedubes Palestina.

Wako menyampaikan bantuan dari masyarakat Kota Solok, adalah sumbangan hasil penggalangan yang dapat dihimpun dari masyarakat, instansi, pelajar, ASN, serta Pemerintah Kota Solok.

“Nilainya mungkin tidak seberapa dibandingkan penderitaan luar biasa yang menimpa warga Palestina saat ini. Semoga Allah SWT meridhai atas usaha dan bantuan dari seluruh penjuru dunia untuk rakyat Palestina,” ucap Wako.

Mewakili seluruh masyarakat Kota Solok yang telah menyalurkan bantuan, Zul Elfian menyatakan empati dan dukungan kepada perjuangan rakyat Palestina dan ikut merasakan betapa sulitnya keadaan warga Palestina terutama di jalur Gaza.

Ia mengungkapkan sikap dan komitmen Pemerintah dan masyarakat Kota Solok selaku saudara sesama muslim, dalam konteks kenegaraan sangat tegas berada dalam garis perjuangan bersama Palestina karena berdasarkan UUD negara Indonesia menegaskan sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa. (T/K)
 
Top