Solok Lintasmedianews.com - Semangat para siswa sangat tampak terlihat, dengan telah memakai pakaian ihram dari rumah mereka masing-masing, serta  dampingi oleh Guru dan orang tua mereka

Gema Talbiah di ucapkan oleh 320 siswa PAUD se Kecamatan X Koto Diatas, mereka melaksanakan Manasik Haji di Lapangan Bola Kaki Koto Tuo, Senin (4/3/2024).

Berdasarkan laporan ketua Panitia, Jasmiarti, S.Pd sebanyak 320 Orang siswa yang mengikuti peragaan Manasik Haji terdiri atas 26 Lembaga Pendidikan yakni PAUD KB (86 Orang), dan PAUD TK ( 234 Orang).

Ketua Panitia menyampaikan bahwa kegiatan peragaan Manasik Haji terlaksan atas kerjasama Ikatan Guru Paud se Kecamatan X Koto Diatas, dimana kegiatan ini termasuk kegiatan Tahunan, sekaligus memupuk dan mengembangkan ilmu pengetahuan terutama bidang agama Islam.

Jasmiarti berharap dengan adanya kegiatan ini, bisa menumbuh kembangkan ilmu Agama, serta merajut tali silaturrahmi baik sesama murid, ataupun guru paud yang ada di kecamatan X Koto Diatas.

Kegiatan peragaan Manasik Haji di bimbing oleh pengurus MUN Sulit Air, dalam hal ini ketua MUN, H. Irdizon menjelaskan tata cara pelaksanaan Manasik Haji yang benar.

Dimana pelaksanaan Haji ini di ilustrasikan mulai dari keberangkatan di penginapan menuju Mekah, dan di tutup dengan pelaksanaan takalul (yaitu memotongan rambut), ujar Irdizon

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Solok, Zainal Djusmar, S.Pd. M.Si. MM.

Kadis menyampaikan bahwa kepada Ikatan Guru Paud di Kecamatan X Koto Diatas, karena ini merupakan kegiatan tahunan, kenapa tidak ditempatkan atau di posisikan pelatihan Manasih Haji dan Umrah untuk siswa PAUD dan Tk di suatu tempat saja.

Sebagai contoh, pelatihan manasik haji yang ada di Islamic Center Koto Baru Solok, untuk biaya buatlah proposal dan ajukan ke Bupati Solok, mana tahu kita dapatkan dana, karena Bupati Solok sangat mendukung kegiatan yang bersifat pendidikan.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh, Camat X Koto Diatas yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan, kepala Kasi Paud Kabupaten Solok, Korordiantor Wilayah Pendidikan pra sekolah dan SD Kabupaten Solok, Penilik dan Fasilitator PAUD Kecamatan X Koto Diatas Kepala KUA Kecamatan X Koto Diatas, Wali Nagari Se Kecamatan X Koto Diatas, Anggota MUN Sulit Air, Dinas Kesehatan Nagari Sulit Air, Kepala Paud dan Guru se Kecamatan X Koto Diatas, serta Orang tua Wali Murid PAUD.(karta)
 
Top