50Kota Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bank Nagari Bantaeng BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan

Menko PMK RI Muhadjir Effendy Respon Cepat Tanggap Suhatri Bur Dalam Penanganan Bencana



 
Padang Pariaman , Lintas Media News
Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyambut Kunjungan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia Muhadjir Effendy di Nagari Sikucur Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, pada Jum’at (15/3/2024).

Usai melakukan lawatannya ke Kabupaten Pesisir Selatan, Menko PMK Muhajir Effendi bertolak ke Kabupaten Padang Pariaman.


Menko PMK Muhadjir Effendy langsung disambut Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Ikut dalam rombongan tersebut Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldi, BNPB beserta rombongan, sekira pukul 17 .15 Wib tiba di posko penanganan bencana dan dapur umun Sikucua Laweh Komplek Perumahan Oman Nagari Sikucua Kecamatan V koto Kampung Dalam.


Dalam Arahannya, Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan, apresiasi atas penanganan bencana yang dilakukan pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan khususnya Kabupaten Padang Pariaman dengan cepat tanggap bersama tim terkait dalam melakukan evakuasi dan penanganan bencana.


“Saya apresiasi pak Bupati dan jajaran serta semua pihak yang terlibat langsung dalam proses evakuasi dan penanganan korban bencana baik itu bencana banjir dan Longsor yang terjadi dalam wilayah Kabupaten Padang Pariaman,” Sebutnya.

Di samping itu, Muhadjir juga meminta agar pemerintah daerah Padang Pariaman agar melakukan pendataan kebutuhan bantuan yang sifatnya mendesak, serta mendata secara rinci dampak kerusakan yang disebabkan oleh banjir yang terjadi pada 7-8 Maret 2024 yang lalu.


“Saya minta kepada pak Bupati beserta jajaran untuk melakukan pendataan dan inventarisasi kebutuhan, menyiapkan segala dokumen yang dibutuhkan sebagai pengajuan bantuan untuk kemudian ditindak lanjuti di tingkat Kementerian. nantinya, ” Ungkap Muhadjir.

Sementara itu, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyampaikan, rasa terima kasih atas kunjungan Bapak Menko PMK, ke Padang Pariaman.

Kunjungan ini, dalam bentuk kepedulian Pemerintah Pusat melalui Menko PMK yang memberikan bantuan dan hadir langsung di tengah-tengah masyarakat yang ditimpa musibah di Sumatera Barat khususnya di Padang Pariaman.


“Atas nama masyarakat Kabupaten Padang Pariaman kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Menko yang telah hadir dan memberikan bantuan langsung kepada masyarakat yang dapat meringankan beban pada saat tanggap darurat,” ucap Suhatri Bur

Pada kesempatan itu, Menko PMK Muhajir Effendi menyampaikan belasungkawa dan duka yang mendalam kepada korban yang meninggal dunia dan yang terdampak musibah dan bencana yang terjadi di Sumatera Barat khususnya di Padang Pariaman.

Menko PMK Muhadjir tidak hanya memberikan dukungan moral dan duka cita yang mendalam, tetapi sekaligus menyerahkan bantuan langsung dan santunan uang tunai masing- masing sebanyak Rp 15 juta kepada keluarga korban yang meninggal dunia pada bencana banjir di kabupaten Pesisir selatan, yang merupakan warga Kabupaten Padang Pariaman.


Diketahui dari data sementara, tercatat ada 4 ( empat) warga Padang Pariaman yang meninggal dunia akibat musibah banjir dan longsor yang terjadi Kabupaten Pesisir Selatan, mereka adalah Tasnil (laki laki) 54 tahun, Zahani (perempuan) 54 tahun keduanya warga Kecamatan Koto Kampung Dalam, Arief Firman Rianto (laki laki) 25 tahun, warga Kecamatan Sungai Geringging, dan Andra Rahman (laki laki) 23 tahun warga Nagari Pilubang Kecamatan Sungai Limau.

Gerak cepat Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur dalam penanganan bencana maupun pasca bencana ini, menjadi perhatian serius dari Kemenko PMK, hal tersebut dibuktikan dengan loby dan pendekatan Suhatri Bur yang telah mendatangkan Menteri dan pejabat se-tingkat Menteri ke Kabupaten padang pariaman, diantaranya, Kepala BNPB RI, Mensos RI dan Menko PMK RI.


Menteri Koordinator PMK Muhajir Effendy mengatakan, untuk santunan korban banjir Pesisir Selatan yang merupakan warga Padang Pariaman, dan mengakumulasi seluruh permasalahan kebencanaan di Kabupaten Padang Pariaman dibawa dalam rapat koordinasi tingkat Menteri untuk membahas usulan dan strategi penanganan bencana yang berkepanjangan di Kabupaten Padang Pariaman.

Turut hadir menyambut kedatangan Menko PMK, Unsur Muspida, Kajari Pariaman, Sekda Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis, Asisten Adm Pembangunan dan Kesra Zainil, Ka Dinsos P3A Sumarni, Kepala Pelaksanan BPBD Padang Pariaman Budi Mulya beserta jajarannya, Kabag Prokopim Anton Wira Tanjung, Camat V Koto Kampung Dalam dan Wali Nagari se- Kecamatan V Koto Kampung Dalam. (*/Len)

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.