PADANG Lintasmedia.com

Direktur Utama (Dirut) PT Semen Padang Indrieffouny Indra, menyebut bahwa pihaknya akan memperpanjang aksi kemanusiaan terhadap bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Hal itu disampaikannya saat mengunjungi Posko Darurat Bencana yang berada di Kantor Camat Koto XI Tarusan, Sabtu (16/3/2024). Dua kecamatan yang dilanda banjir akibat hujan lebat yang terjadi pada Kamis (7/3/2024) itu adalah Koto XI Tarusan dan Sutera. 

Indrieffouny bersama rombongan yang terdiri dari Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan, Iskandar Z Lubis  Kepala Unit Humas & Kesekretariatan Nur Anita Rahmawati, dan Kepala Unit CSR Dedi M Sidiq, juga menyambangi Rumah Dinas Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, di Painan. 

Dalam kunjungan ke rumah orang nomor satu di Pessel itu, PT Semen Padang juga menyerahkan simbolis bantuan untuk korban banjir senilai Rp 259.440.000 kepada Bupati Rusma Yul Anwar. Bantuan tersebut sebelumnya telah disalurkan melalui Posko Semen Padang Peduli di Koto XI Tarusan dan Sutera.

Indrieffouny dalam kesempatan itu mengatakan, pihaknya prihatin atas bencana banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Pessel. "Bantuan yang kami salurkan itu merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap bencana banjir yang terjadi di Pessel ini," katanya.

Orang nomor satu diperusahaan semen kebanggaan masyarakat Sumbar itu membeberkan bentuk bantuan yang telah disalurkan PT Semen Padang kepada korban terdampak banjir di Pessel. Di antaranya, mendirikan Posko Peduli di Kecamatan Koto XI Tarusan dan Kecamatan Sutera. 

Untuk di Koto XI Tarusan, selain mendirikan Posko Peduli, PT Semen Padang juga menyalurkan bantuan sembako untuk 480 kepala keluarga (KK) yang tersebar di Nagari Baruang-baruang Balantai Selatan, dan 320 KK untuk Nagari Duku Utara. Kemudian di Kecamatan Sutera dibagikan bantuan sembako kepada 925 KK. 

"Di Sutera, bantuan paket sembako itu disalurkan kepada dua nagari yang terdampak, yaitu ke Nagari Aur Duri dengan jumlah penerima sebanyak 250 KK, dan ke Nagari Ganting Mudik Utara yang mencakup Langgai, Batu Bala dan Ampalu dengan jumlah 675 KK," ujarnya.

Kepala Departemen Hukum & Komunikasi Perusahaan PT Semen Padang, Iskandar Z Lubis menambahkan, bantuan paket sembako yang disalurkan ke lokasi banjir di Koto XI Tarusan dan Sutera terdiri dari beras, mie instan, sarden, minyak goreng, telur, diapers, minyak telon dan air mineral. 

Untuk di Kecamatan Koto XI Tarusan, paket sembako yang disalurkan sebanyak 1.625 paket. "Selain sembako, Semen Padang juga mendirikan dapur umum yang telah menyalurkan 750 paket nasi bungkus dan bahan masakan untuk korban banjir," katanya.



Selain itu, lanjutnya, PT Semen Padang juga mendirikan posko kesehatan dengan melibatkan tim medis dari Semen Padang Hospital (SPH), serta menurunkan relawan Mining Rescue Team (MRT) untuk membantu pencarian dan evakuasi korban banjir, serta pendistribusian air bersih. 

"Kemudian untuk di Sutera, Semen Padang juga menyalurkan 315 bantuan paket sembako, serta menurunkan relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang untuk membantu membersihkan fasilitas umum dari material banjir, serta mendistribusikan bantuan sembako dan air bersih untuk para korban," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pessel Rusma Yul Anwar menyampaikan terima kasih kepada PT Semen Padang. "Terimakasih kepada manajemen Semen Padang yang telah hadir dalam membantu untuk memulihkan kami pasca bencana, bantuan yang diberikan sangat dibutuhkan warga," ujarnya dalam pertemuan yang singkat itu.

Hal yang sama juga disampaikan Camat Koto XI Tarusan, Nurlaini, saat menyambut rombongan PT Semen Padang ke lokasi banjir di Tarusan. Kata dia, PT Semen Padang yang telah hadir dan memberikan bantuan kepada warga, termasuk memperpanjang aksi kemanusian di Tarusan ini. 

"Kami bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada manajemen Semen Padang. Bantuan yang diberikan tidak hanya logistik saja, tapi disemua sektor yang kita butuhkan seperti penyaluran air bersih, obat-obatan, pakaian, pembersihan lumpur dan sebagainya," kata Nurlaini.

"Kepedulian Semen Padang terhadap bencana banjir di Pessel ini sudah sangat luar biasa sekali. Bahkan ketika saya meminta perpanjangan waktu untuk tetap membantu kami disini, Alhamdulillah usulan kami diterima oleh Dirut Semen Padang dengan memperpanjang waktu hingga Jumat mendatang," katanya.(*)

 
Top