Solok Kota Lintasmedianews.com - Berdasarkan Surat Edaran dari Walikota Solok, Nomor 53 Tahun 2024 tentang pelaksanaan updating kepesertaan, download aplikasi mobile JKN dan skrining riwayat kesehatan, untuk memudahkan pemanfaatan program jaminan kesehatan (JKN) sekaligus meningkatkan kualitas kesehatan peserta JKN, BPJS Kesehatan cabang Solok melalui kegiatan BPJS keliling mengunjungi Dinas Lingkungan Hidup, Rabu (06/03).

Perwakilan dari BPJS, Randi Aries Pratama, dan Ana Y. Sabda disambut baik oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Sisvamedi, SH, MH. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Pegawai DLH.

Dijelaskan JKN Mobile adalah aplikasi mobile yang diluncurkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Indonesia. Aplikasi ini merupakan bagian dari inisiatif BPJS Kesehatan untuk memperluas akses dan meningkatkan kualitas layanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Aplikasi JKN Mobile menawarkan berbagai fitur yang dirancang untuk memudahkan pengguna untuk Cek Status Kepesertaan, Pencarian Rumah Sakit, dan Pendaftaran Online.

Updating atau pembaharuan data kepegawaian diantaranya Mendaftarkan anggota keluarganya sesuai kondisi terkini, Melaporkan perubahan susunan anggota keluarganya, baik perubahan akibat perkawinan/ perceraian dan anak yang telah menikah/ tamat kuliah. Kemudian melaporkan perubahan golongan dengan posisi terakhir dan Melaporkan anak yang masih kuliah dengan usia lebih dari 21 tahun.

Adapun beberapa persyaratan yang harus disiapkan sesuai jenis perubahan yang akan dilakukan seperti, KTP, KK, amprah gaji, perubahan SK, Surat nikah, Akte kelahiran anak atau Surat keterangan kuliah.

Kemudian Pegawai DLH diminta untuk mendownload atau install aplikasi mobile JKN dan memanfaatkannya untuk pendaftaran kunjungan ke fasilitas kesehatan dan perubahan tempat fasilitas kesehatan tingkat pertama tempat peserta terdaftar.

” Terima kasih kepada BPJS karena telah memberikan informasi yang sangat berguna, banyak sekali manfaat yang didapat dengan adanya aplikasi JKN, kita akan lebih menghemat banyak waktu dan tenaga, tidak perlu mengantri lama, mudah melakukan konsultasi dan registrasi serta informasi pembayaran dan tagihan iuran yang update,” pungkas Sisvamedi. (T/K)
 
Top