Solok Kota Lintasmedianews.com - Dalam rangka pelaksanaan Integrasi Layanan Primer (ILP) Posyandu Terintegrasi di Kota Solok, maka perlu upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu untuk mendayagunakan fungsi Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu di setiap jenjang sehingga pembinaan Posyandu dapat terlaksana secara optimal.

Karena hal tersebut, Dinas Kesehatan Kota Solok mengadakan Rapat Koordinasi Pokjanal Posyandu Tingkat Kota di Aula Mami Hotel Solok, Kamis (7/3).

Rakor ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Solok Drs. Syaiful, A, M.Si  sekaligus Ketua Pokjanal Kota Solok, didampingi juga oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok.

Dalam sambutannya, Syaiful menyampaikan bahwa melalui Posyandu, pemerintah berupaya untuk menyediakan layanan yang dibutuhkan masyarakat, serta perbaikan gizi dan kesehatan, pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, hingga ketahanan pangan dan kesejahteraan sosial.

“Sehingga penting untuk membangun komunikasi dan kerjasama dengan Pokjanal Posyandu baik dari tingkat kelurahan, kecamatan sampai tingkat kota sebagai strategi penting dalam pembangunan kesehatan,” tutur Syaiful.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok Dr. Ns. Elvi Rosanti, S.Kep, M.Kes juga menyampaikan bahwa tujuan dari diadakannya rapat koordinasi ini untuk mengkoordinasikan berbagai upaya pembinaan yang berkaitan dengan peningkatan fungsi dari kinerja Posyandu yang secara operasional dilaksanakan oleh unit atau kelompok pengelola Posyandu di Kota Solok melalui mekanisme pembinaan secara berjenjang.

“Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) merupakan salah satu indikator derajat kesehatan yang sangat penting. Persoalan ini tidak bisa diselesaikan hanya oleh tenaga kesehatan saja, tetapi membutuhkan peran lintas sektor,” lanjut Elvi.

Melalui Rakor ini, Elvi berharap agar tim yang terdiri dari pimpinan serta pejabat pada OPD terkait, dapat mensinergikan program dan kegiatan pada OPD masing-masing dalam mendukung tugas dan fungsi tim Pokjanal Posyandu Kota Solok.

Dengan diadakannya Rapat Koordinasi Pokjanal Posyandu Tingkat Kota ini, diharapkan dapat membangun komitmen bersama serta mendukung operasionalisasi Posyandu sebagai tempat berintegrasinya keswadayaan masyarakat dalam meningkatkan tumbuh kembang bayi/anak yang pada saatnya nanti mereka menjadi tunas-tunas bangsa yang berkualitas.

Adapun yang hadir dan diundang dalam Rakor ini adalah OPD terkait seperti Bappeda, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Perlindungan Anak, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Camat dan Lurah se-Kota Solok, TP-PKK Kota Solok, serta Kepala Puskesmas se-Kota Solok.

Rakor ini diakhiri dengan diskusi dan sesi tanya jawab terkait permasalahan yang terjadi di lapangan, dan rencana apa yang akan dilakukan dalam mengoptimalkan pelaksanaan Integrasi Layanan Primer (ILP) Posyandu Terintegrasi di Kota Solok(T/K)
 
Top