SOLOKKOTA Lintasmedianews.com - Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar memimpin apel gabungan dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H serta Piala Adipura Tahun 2023, di Halaman Balaikota Solok, Jum'at (08/03/24).

Turut hadir, Forkopimda Kota Solok, Sekretaris Daerah Kota Solok, Syaiful A, Lembaga Adat Kota Solok, Kepala OPD, ASN dan Non ASN lingkup Pemko Solok.

Wako dalam sambutannya mengatakan, Bulan suci Ramadan 1445 H tinggal menghitung hari. Kepada seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Solok, Kami minta untuk dapat selalu saling menghormati, bertoleransi dan bersungguh-sungguh mengisi bulan penuh berkah ini terutama dalam beribadah.

" Hendaknya kita semua selalu saling mengingatkan tentang nilai-nilai kebajikan dan kemanusiaan. Bekerjalah dengan SOP yang sudah ditetapkan. Bijaklah dalam menggunakan media sosial serta bijak dalam merespon apa yang terjadi," sebut wako.

Selanjutnya, tidak menjadi suatu alasan bagi para pegawai untuk mangkir bekerja. Tugas dan kewajiban kita sebagai ASN harus tetap dilaksanakan dengan tertib dan penuh tanggungjawab. 

Hal ini penting, karena kedisiplinan adalah modal utama kita untuk mencapai semua keberhasilan-keberhasilan yang telah kita raih selama ini.

Kami harapkan ASN Kota Solok dapat kembali meramaikan Masjid/Mushala yang ada di Lingkungan sekitar rumah Saudara, 

“Jadilah ASN yang menjadi suri tauladan dan panutan bagi masyarakat sekitar," pesan wako.

Dalam menghadapi Ramadhan tahun ini, Kami berharap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dapat saling berkoordinasi, dalam menyambut, mengamankan berbagai kegiatan kemasyarakatan. Pastinya dalam Bulan Suci Ramadhan ini akan diramaikan dengan kegiatan perekonomian, seperti dengan munculnya Pasar Pabukoan. 

Kami minta kepada Dinas Koperindag, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan instansi terkait lainnya, untuk membuat pelaksanaan kegiatan Pasar Pabukoan di berbagai sudut Kota Solok dapat berjalan tertib, aman dan nyaman baik bagi pedagang dan pembeli yang berkunjung.

Kami juga berharap di Bulan Ramadhan nanti, Satpol PP dapat melakukan penertiban keberadaan rumah-rumah makan/warung-warung makan yang masih buka pada siang hari dan kafe-kafe yang masih buka pada malam hari selama bulan Ramadhan ini. 

" Jangan sampai Kami mendengar ada PNS atau Non PNS Kota Solok yang kedapatan makan atau minum pada siang hari di kantor atau di tempat umum, yang tidak puasa karena alasan yang tidak dapat dibenarkan secara agama. Berilah contoh yang baik pada masyarakat kita," tegas wako.

Atas nama pribadi, keluarga dan pemerintah daerah, Kami menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin kepada Bapak/Ibu keluarga besar Pemerintah Daerah Kota Solok. 

Semoga kita semua diberi kesehatan, kelancaran dan kemudahan dalam menjalani ibadah puasa Ramadan nanti. 

Jadikan Ramadan nanti sebagai suatu keberkahan. Walaupun kita berpuasa, kita tetap kuat menjalankan kewajiban sebagai aparatur negara.

Alhamdulillah, berkat kerja sama pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat untuk mendukung terciptanya lingkungan yang bersih, penghargaan Piala Adipura kembali kita dapatkan.

Adipura merupakan salah satu instrumen pemerintah dalam mendorong penerapan kebijakan lingkungan dengan pendekatan wilayah, penerapan kebijakan persampahan penghijauan. Piala Adipura diberikan untuk beberapa kategori yaitu Sertifikat Adipura, Plakat Adipura, Piala Adipura dan Adipura Kencana. Pada setiap jenis penghargaan terdiri dari empat kategori, yakni kota kecil, kota sedang, kota besar dan kota metropolitan. Kota Solok mendapat penghargaan Piala Adipura kategori Kota Kecil.

Kriteria penilaian Adipura setiap waktu mengalami perkembangan dan kian kompleks dengan mengikuti arah perkembangan lapangan serta kebijakan, kebutuhan dan tantangan yang ada.

Dengan isu pengelolaan sampah yang kian kompleks, semakin besar membuat sektor pengelolaan sampah menjadi perhatian utama dengan memberikan penekanan pada partisipasi aktif masyarakat dan peran pemerintah daerah dalam melakukan inovasi dalam pengelolaan sampah yang penilaiannya dilakukan dengan berbasis data dan teknologi. 

Keberhasilan kita dalam meraih Adipura Tahun 2023 adalah tidak terlepas dari usaha Kota Solok melakukan kegiatan pengurangan sampah sebesar 18 % yang berasal dari sumbernya. Hal ini sesuai dengan Kebijakan Strategi Daerah (Jakstrada) Kota Solok Tahun 2023 dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga.

Semoga ke depannya, semua elemen dapat berkontribusi dalam meningkatkan pengelolaan lingkungan, terutama dalam mengolah sampah dari lingkungan kita masing-masing, sehingga kita bisa membawa Adipura Kencana untuk Kota Solok dan mewujudkan Kota Solok Berjuara (Berkah, maju dan Sejahtera).

Selain keberhasilan meraih Adipura, Tahun 2023 Pemerintah Kota Solok dalam hal ini diwakili SD Negeri 13 Simpang Rumbio dan SD Negeri 06 Tanah Garam mendapat predikat Sekolah Adiwiyata Provinsi serta SD Negeri 09 Tanah Garam dan SD Negeri 03 Simpang Rumbio juga mendapat predikat sekolah Adiwiyata Kota. 

Sampai Tahun 2024, Jumlah sekolah yang telah mencapai predikat sekolah adwiyata adalah 27 sekolah dari 56 total sekolah Negeri yang ada di Kota Solok. 

" Kedepannya, semoga sekolah yang belum mendapat predikat Sekolah Adiwiyata, juga termotivasi untuk menjadi Sekolah Adiwiyata," tutup wako.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan reward kepada seluruh Pasukan Kuning Kota Solok, penghargaan Peringkat 1 kepada Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kota Solok atas upaya pengendalian pembangunan APBD Kabupaten/kota Tahun 2023 Tingkat Provinsi Sumatera Barat serta penyerahan SK Pensiun kepada pegawai lingkup Pemko Solok.(T/K)
 
Top