Solok Kota Lintasmedianews.com - Kelompok Dasawisma Destamar Indah I yang mewakili Kota Solok dalam ajang Penilaian Kelompok Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2024 berhasil menjadi Peringkat III Terbaik Kategori Kota.

Prestasi tersebut diumumkan dalam acara Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma ke-VIII Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2024 di Kabupaten Agam yang dihadiri 19 Kabupaten/ Kota se-Sumatera Barat. Untuk Kategori Kota, Terbaik I diraih oleh Padang Panjang, Terbaik II Padang, Terbaik III Kota Solok, Harapan I Sawahlunto, Harapan II Payakumbuh.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah kepada Ketua Dasawisma Destamar Indah I, Ritra Juita. Turut hadir mendampingi, Ketua TP-PKK Kota Solok, Dra. Zulmiyetti Zul Elfian, beserta rombongan pengurus TP-PKK Kota Solok.

Kelompok Dasawisma yang beralamat di RT 003/ RW 06 Kelurahan Kampung Jawa sebelumnya telah dinilai dan dilakukan verifikasi lapangan oleh Tim Penilai yang dipimpin oleh Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar, Ny. Harnelli Mahyeldi pada tanggal 19 Februari 2024.

Melalui pencangan Bulan Bakti Dasawisma tahun 2024, Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat, Hj. Harnelli menyampaikan komitmen untuk terus meningkatkan kapasitas kelompok Dasawisma Sumatera Barat melalui pembinaan, bimbingan teknis, dan termasuk memberikan bantuan stimulan dana.

“Kita menyadari bahwa kinerja Dasawisma sudah cukup memadai sehingga kita harusnya memberikan reward kepadanya, untuk meningkatkan kinerja Dasawisma perlu adanya pembinanaan. Kelompok Dasawisma ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi, rasa kebersaamaan dan tanggung jawab,” imbuhnya.

Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, SP juga mengatakan dalam sambutan singkatnya, PKK memiliki peran luar biasa dalam membantu dan menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan, ketahanan pangan keluarga, pemberantasan kemiskinan, menurunkan angka stunting, peningkatan pendapatan serta ekonomi keluarga dengan memanfaatkan lahan perkarangan Aku Hatinya (Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman) PKK.

Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma ke VIII Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2024 ditandai secara resmi dengan pemukulan tambul oleh Gubernur Mahyeldi.

Ketua TP-PKK Kota Solok, Zulmiyetti Zul Elfian sangat mengapresiasi prestasi Dasawisma Destamar Indah I yang telah mampu mengimplementasikan kegiatan 10 Program Pokok PKK dengan baik. Dasawisma Destamar Indah I dinilai juga telah melakukan berbagai upaya seperti pengoptimalan pemanfaatan pekarangan dengan bercocok tanam di setiap rumah warga dan kegiatan peningkatan ekonomi keluarga (UP2K). (T/K)
 
Top