Solok. Lintasmedianews.com - Dalam rangka menjemput aspirasi dan usulan masyarakat, Bupati Solok, Epyardi Asda mengunjungi Nagari Lolo Kecamatan Pantai Cermin serta Nagari Alahan Panjang dan Nagari Aia Dingin Kecamatan Lembah Gumanti, Jumat (02/02/2024)

Turut mendampingi, Anggota Komisi V DPR RI, Athari Gauthi Ardi, Asisten I, Syahrial, Kepala OPD, Camat dan Forkompimcam.

Dalam kunjungan kerja bupati, para Walinagari menyampaikan ungkapan terimakasih atas bantuan dan pembangunan yang telah berjalan di masing-masing nagari, serta harapannya akan ada lebih banyak lagi pembangunan yang diberikan pada masing-masing nagari.

Anggota DPR RI, Athari Gauthi Ardi menyampaikan semenjak tahun 2020 sampai 2023, Alhamdulillah pembangunan dari pusat untuk Kabupaten Solok bisa terus lancar mengingat banyaknya programnya sudah sampai di tengah masyarakat.

"Sebagai perpanjangan tangan masyarakat Kabupaten Solok di DPR RI, Insyaallah apa yang menjadi tugas kita akan diselesaikan hingga akhir masa jabatan saya pada Oktober 2024 nanti," tutur Athari

Pada kunjungan di Nagari Lolo banyak masyarakat yang meminta perbaikan beberapa Jembatan Gantung, Irigasi dan jalan yang sebelumnya sempat rusak akibat musibah Banjir Bandang yang belum lama terjadi di Kecamatan Pantai Cermin. Namun, ada beberapa perbaikan yang tidak dapat terlaksana melalui anggaran Pemerintah Daerah.

Menanggapi hal itu, Bupati Solok, Epyardi Asda menyampaikan akan lanjut memperjuangkan ke Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat. 

Tidak hanya itu, masyarakat juga mengusulkan untuk lakukan normalisasi Sungai Indarung. Sehubungan dengan itu Bupati Solok dalam waktu dekat akan membawa BWS Sumatera V untuk meninjau langsung dan melihat langsung apa yang bisa dilaksanakan untuk membenahi Sungai Indarung ini.

Bupati juga menerima laporan bahwa saat ini Wali Nagari Lolo dalam keadaan sakit, oleh karena hal itu pihaknya menyarankan kepada masyarakat untuk menunjuk sementara Wali Nagari guna menggantikan tugas Wali Nagari Lolo yang saat ini dalam keadaan sakit, masyarakat menyetujui hal itu serta menunjuk salah seorang yang disepakati secara bersama-sama.

Epyardi Asda dalam setiap kunjungan ke nagari-nagari menyampaikan, untuk meningkatkan mutu pendidikan dan sesuai dengan metode pendidikan full day school yang diterapkan di Kabupaten Solok, maka setiap sekolah akan dibangunkan mushalla dan bagi sekolah yang memerlukan pembenahan infrastruktur akan dibenahi serta fasilitas seperti Crhomebook dan Mobiler akan dilengkapi.

" Bagi seluruh pelaku UMKM akan  dilakukan pendataan dan selanjutnya akan diberikan bantuan peralatan sesuai dengan kebutuhan usaha dan bagi kelompok tani juga akan diberikan bantuan peralatan mesin pertanian(Alsintan)," jelas Epyardi Asda.

Ia juga menerima banyak usulan-usulan terkait lampu penerangan jalan, perbaikan jalan Kabupaten dan Jalan Usaha Tani demi mempermudah akses transportasi dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Diakhir kunjungan, Bupati Solok juga menyerahkan bantuan Sembako berupa telur ayam ras atau Beras kepada masyarakat dalam rangka menekan angka Stunting.

Adapun bantuan yang diserahkan di Nagari Lolo sebanyak 300 Paket, Nagari Aia Dingin 150 Paket, dan Nagari Alahan Panjang 500 Paket. (karta).
 
Top