Padang,Lintas Media News
Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) diwakili Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan menerima Silahturahmi anggota Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumbar di Padang.Selasa (23/2/2024).

Kombes Pol Dwi Sulistyawan  didampingi jajarannya mengatakan.
Meskipun belum ada riak dan kelombang masyarakat yang ingin mengacaukan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) artinya keadaan masih kondusif dan stabil,jurnalis diharapkan dapat menangkal berita hoax.

"Kepada para jurnalis terutama yang tergabung dalam FJPI Sumbar kita harapkan berharap terlibat aktif dalam mengawal pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres),yang paling utama itu sesuai tugas pokok dan fungsinya menangkal berita hoak, karena media punya peran penting dalam hal itu",harap Dwi.

Menurut Dwi,Kesibukan para kostentan jelang pesta demokrasi Pemilu 2024 ini makin meningkat.Namun demikian, kondisi keamanan dan masyarakat (kamtibmas) di Sumbar relatif stabil, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Menyingung tentang calon anggota legislatif (caleg) yang terlibat kasus dugaan tindak pidana Dwi menjelaskan, untuk sementara  ditunda dulu penanganan perkaranya hingga selesai Pemilu. Jika usai pesta demokrasi, meski caleg tersebut lolos menjadi anggota dewan atau tidak lolos maka penanganan kasusnya akan dilanjutkan.

Ditahun politik ini, segala kemungkinan dapat merembet ke pemberitaan yang tidak berimbang, menjatuhkan dan berbau suku, agama dan ras (SARA). Polisi sendiri juga memantau pemberitaan-pemberitaan tersebut lewat petugas patroli cyber yang ada di Bidang Humas, Dit Intel juga Dit Krimsus.Ujar Dwi Sulistyawan.

Sementara,Ketua FJPI Sumbar Nita Indrawati Arifin memaparkan, serangkaian program kegiatan yang telah dilaksanakan FJPI Sumbar selama 2023. Di antaranya, pelatihan menulis untuk pelajar SMA di Kota Padang. Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Lahir Rohanna Koeddoes itu, dapat terlaksana pada 3 sekolah masing-masing SMA 1 Padang, SMA Adabiah 2 Padang dan SMA Don Bosko Padang.

“Kegiatan tersebut terlaksana secara swadaya. Para pelajar sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan menulis ini. Ke depan, kita berharap dukungan dari pihak-pihak lainnya,” katanya. 

Pengurus dan anggota FJPI Sumbar yang ikut hadir pada kesempatan itu adalah, Nita Indrawati Arifin dari media www.padangmedia.com, Devi Diany dari Harian Khazanah, Yeyen dari www.sumbarfokus.com, Dewi Simpatik dari www.relasipublik.com, Sri Taufik dari www.lintasmedia.com, Mona Sisca dari www.tribunsumbar.com, Yuke dari Harian SInggalang, Melba dari www.binnews.com, dan Silfiana dari www.kitapunya.id.(St)

 
Top