PADANG,Lintas Media News
Nilai-nilai cinta tanah air harus ditanamkan kepada generasi muda sejak usia dini ,agar Sumatera Barat (Sumbar) terus melahirkan tokoh-tokoh potensial dimasa depan.Sebab,hampir setengah tokoh-tokoh Minangkabau berkontribusi dalam kemerdekaan Republik Indonesia. 

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar Supardi saat menjadi pembina upacara di SMA N 1 Kota Payakumbuh, senin (29/01/2024).

Dikatakan Supardi, masyarakat Minangkabau sejak dahulu terkenal dengan daerah penghasil orang-orang cerdas, banyak tokoh-tokoh kemerdekaan yang lahir dari Sumbar, seperti Perdana Menteri pertama Indonesia, Muhammad Natsir. Seorang ahli diplomasi Agus Salim hingga Wakil Presiden Indonesia pertama Mohammad Hatta. 

" Berangkat dari peran strategis tokoh-tokoh Minangkabau dalam memerdekaan Indonesia, maka jadilah generasi muda yang terus mengembangkan kreativitas dan berinovasi untuk kemajuan daerah, sehingga apa yang diperkuat berguna untuk bangsa tercinta," kata Supardi. 
Diakui Supardi, infrastruktur yang ada di sekolah-sekolah untuk menunjang proses belajar mengajar masih kurang dan harus dilengkapi, lemahnya literasi juga menjadi persoalan untuk memajukan dunia pendidikan Sumbar. Dalam keterbatasan dan persoalan tersebut, tetaplah optimis untuk menjadi siswa yang berprestasi 

Dalam upaya memajukan daerah dan melahirkan generasi emas di masa depan, Supardi telah menggagas program tes minat bakat untuk siswa SMA Negeri dan Swasta se Kota Payakumbuh, diharapkan program ini bisa meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Sumbar khususnya Kota Payakumbuh.

 "Dalam tes minat bakat terdapat 2 orang siswa yang memiliki IQ Superior, selebihnya masih rata-rata," kata Supardi.

Menurut Supardi,dunia telah mengalami peralihan pada era digital, tantangan kedepan tentunya sangat tidak mudah, terus lah belajar untuk menggapai masa depan cerah, SMA memiliki kontribusi dalam memajukan bangsa dengan menciptakan SDM berkualitas. 

Pada kesempatan tersebut Supardi juga menyerahkan sertifikat tes minat bakat pada SMA 1 Payakumbuh, dalam penyerahan itu Supardi didampingi oleh Kepala Sekolah SMA 1 Payakumbuh Erwin Satria.(*/St)
 
Top