Padang Pariaman, Lintas Media News
Melakukan Reses Masa Persidangan Kedua tahun 2023/2024,Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar) H.M.Nurnas dari Fraksi Demokrat memotiva masyarakat petani untuk mematenkan hasil pertaniannya seperti, beras dan buah manggis.

"Kita penghasil beras,di luar sana beras Solok yang paling trend, Padahal, sebagian besar beras itu berasal dari Padang Pariaman,begitu juga dengan manggis,Padang Pariaman juga penghasil manggis, tetapi yang punya nama Limapuluh Kota," kata Nurnas.

Jadi, penting bagi petani untuk menerobos hal ini. Beras dan manggis yang dihasilkan dari Padang Pariaman tetap punya labelnya sampai kemana pun.Jelas Nurnas pada masyarakat Daerah Pemilihan (Dapil)nya Padang Pariaman.Senin (29/1/2024).

"Kedepan, kita tidak ingin lagi jadi daerah penghasil, tapi yang dapat nama itu daerah lain," kata Nurnas. memotivasi masyarakat petani.

Dalam pertemuan tersebut, berbagai pertanyaan dan harapan masyarakat petani kepada Nurnas.
Terutama, persoal yang berhubungan dengan kelancaran pertanian.Seperti, irigasi dan pupuk yang kuotanya semakin dikurangi oleh pemerintah.

Disamping itu,masyarakat  Pasie Laweh Lubuk Alung dan Salibutan juga minta perbaikan saluran irigasi, agar pertanian bisa lancar dan penghasilan meningkat.

Melalui Ketua Bamus Nagari Pasie Laweh Lubuk Alung Marjohan Datuak Cilangik masyarakat mengakui,Nurnas selaku wakil rakyat pilihan mereka telah banyak berkontribusi terutama untuk kalangan kelompok tani, kelompok kehutanan serta kelompok wanita tani.

"Tak terhitung lagi entah berapa banyaknya alsintan lewat aspirasi Nurnas,"sebut Marjohan

Menurut Marjohan,112 kelompok tani yang ada di Batang Anai telah menerima alsintan yang bersumber dari aspirasi H.M.Nurnas.

Tapi, dari segi jumlah uang, sebenarnya Lubuk Alung lebih banyak uangnya ketimbang Batang Anai. Hanya alat pertaniannya yang sedikit.Tambah Marjohan.

Ada 300 an alat-alat kebutuhan nelayan di sepanjang Pantai Padang Pariaman dan Kota Pariaman disalurkan Nurnas, di APBD Pemrov Sumbar.Jelasnya.

Nurnas memang peduli dan konsen dengan pertanian dan nelayan. Dari tujuh anggota DPRD Sumbar asal daerah pemilihan II, Padang Pariaman dan Kota Pariaman, barangkali Nurnas satu-satunya yang peduli terhadap pertanian ini.Ujar Majohan.

Banyak sudah kontribusi yang diberikan Nurnas di Pasie Laweh Lubuk Alung, tutup Datuak Cilangik dalam sambutannya dalam reses daerah pemilihan tersebut.

Pada kesempatan yang sama,PPL pertanian Lubuk Alung, Jafrizal menyebutkan, dengan reses ini semakin banyak yang bisa disampaikan ke wakil rakyat. "Dan kita pun semakin banyak menerima informasi dari Nurnas itu sendiri," ujar dia.

Yang paling penting,berharaplah  sesuai dengan kebutuhan,jangan sesui keinginan.Pinta Jafrizal.

"Kami sering mendampingi Pak Nurnas dalam menyalurkan aspirasi ini, terutama alsintan untuk kelompok tani," katanya.

Mungkin, ada satu dua kelompok yang kebagian dua atau lebih alat pertanian di Lubuk Alung ini, yang bersumber dari aspirasi yang disalurkan Nurnas.Jelas Jafrizal.

"Dan perlu dicatat, bahwa proposal yang kita ajukan, adalah apa yang menjadi kebutuhan kita warga petani, bukan keinginan," pesan Jafrizal

Jafrizal menegaskan, bahwa keaktifan kelompok, sangat menentukan rekomendasi PPL dalam proposal berikutnya.

Sesuai Undang-undang Nurnasmenyebutkan, reses telah menjadi keharusan bagi setiap anggota dewan untuk menjemput dan menghimpun masukan dari masyarakat dan akan diperjuangkan ketingkat yang berwenang.Jelas Nutnas.

"Kenapa saya sering ke Pasie Laweh. Adalah Amir Husin yang mengawali pertemuan dan hubungan baik ini, sehingga saya sering hadir, datang ke nagari ini," kata Nurnas.

Tidak menampik,kemungkinan
kadang sekedar duduk di kedai kopi, berdiskusi tentang banyak hal, tapi yang paling banyak soal pertanian dari hulu hingga hilirnya," kata Nurnas bercerita soal dia dengan dunia pertanian di daerah pemilihannya.

Nunas melanjutkan,dari diskusi bersama masyarakat, yang dimulai oleh Amir Husin, banyak tokoh masyarakat yang kenal dan mengenal, sehingga timbul dan keluar masukan dari masyarakat, yang semakin banyak aspirasi tersalurkan dari Pasie Laweh Lubuk Alung.

Kini,reses masa sidang kedua yang dilaksanakan sekarang adalah yang terakhir di masa periodesasi anggota dewan periode 2019-2024.Tutup Nurnas.(*/St)

 
Top