Lintasmedia news.com,DHARMASRAYA – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan lepas kafilah Kabupaten Dharmasraya untuk mengikuti MTQ Nasional ke-40 tingkat Provinsi Sumatera Barat di Solok Selatan, di Auditorium Dharmasraya, Pulau Punjung, Ahad (10/12/23).

Acara ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Sekda, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD dan Kepala Bagian di Lingkup Sekretariat Daerah, Kakan Kemenag, Ketua MUI Dharmasraya, Pimpinan Baznas, Camat, Kepala KUA se-Dharmasraya dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa hari ini bersama-sama hamalatuk quran, pecinta Al-Qur’an penghafal Al-Qur’an dan qori qoriah yang merupakan delegasi Dharmasraya dalam mengikuti MTQ Nasional ke-40 tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kabupaten Solok Selatan pada tanggal 11 sampai dengan 18 Desember 2023.

Bupati ingin mengingatkan kita semua, bahwa keikutsertaan kita pada MTQ nasional tingkat Provinsi Sumatera Barat bertepatan dengan upaya kita membangun karakter generasi yang unggul dan mulia. Sekaligus meningkatkan peran generasi muda untuk meningkatkan kualitas tatanan kehidupan masyarakat yang beriman dan bertaqwa. 

“Untuk itu, selaku Kepala Daerah saya menghimbau agar kita senantiasa terus berinovasi, berkreasi dan bekerja keras untuk mencapai cita-cita kita semua. Sehingga daerah kita menjadi daerah yang agamis, memiliki nilai-nilai peradapan yang luhur dan menjunjung tinggi kerukunan antar sesame dan memiliki prestasi yang membanggakan dibidang baca tulis Al-Qur’an,” terang Bupati.

Kata Bupati lagi, kitab suci al-Qur’an merupakan sumber inspirasi yang tidak akan pernah kering. Semakin kita dalami Al-qur’an, semakin kita yakin akan kebenaran firman Allah. Pemahaman yang utuh terhadap nilai-nilai universal dari Al-Qur’an dapat memberikan kontribusi dalam membangun tatanan kehidupan yang aman, adil dan bermartabat. Tatanan peradaban yang dibangun atas nilai-nilai ketuhanan yang luhur dan agung. Serta nilai-nilai kemanusiaan yang universal.

“Untuk itu implementasi nilai-nilai universal dalam Al-Quran itulah yang menjadi target kita dalam setiap pembelajaran Al-Qur’an ataupun kompetisi berupa MTQ. Sebagai usaha peningkatan prestasi kafilah MTQ Pemerintah Kabupaten Dharmasraya berperan dalam memfasilitasi kegiatan berupa pelaksanaan seleksi, Training Centre (TC) dan pembiayaan lainnya. Terkait dengan keiukutsertaan kita pada MTQ tingkat Provinsi ini. Disamping fasilitas pelaksanaan MTQ. In shaa allah, pemerintah Kabupaten Dharmasraya tetap akan melakukan pembinaan yang bersifat jangka menengah dan jangka panjang,” tegas Bupati lagi.

Dengan mengalokasikan dan menyediakan anggaran setiap tahun untuk pembinaan guru TPQ/MDA selaku ujung tombak pendidikan Al-Qur’an termasuk dengan memberikan insentif kepada guru TPQ dan MDA sebagai stimulant dan memotivasi para guru MDA, dan TPA agar tetap bersemangat dalam menyiapkan generasi qurani.

Kita tentu berharap agar kafilah Kabupaten Dharmasraya pada MTQ tingkat provinsi Sumatera Barat tahun 2023 melahirkan prestasi yang membanggakan Dharmasraya. In Shaa Allah kita tetap menyediakan bonus dan penghargaan bagi peserta yang berprestasi. Juara 1 berhak mendapatkan bonus sebesar Rp.35 juta, juara II Rp. 30 juta dan juara III Rp.25 juta.

“Kami ingatkan kepada kafilah MTQ untuk menjaga kesehatan, tetap disiplin dalam berlatih, serta mintakan doa kepada kedua orang tua. Selamat bermusabaqah kepada seluruh anggota kafilah MTQ Dharmasraya. Selamat berjuang, tunjukkanlah segenap kemampuan yang dimiliki. Semoga keikutsertaan saudara-saudara dan anak anak dapat membawa nama baik Kabupaten Dharmasraya di tingkat Provinsi Sumatera Barat,” pungkasnya.(elda)
 
Top