50Kota Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Bank Nagari Bantaeng Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Dukung FOLU Net Sink 2030, Semen Padang Sosialisasikan Kaliandra Merah kepada Babinsa dan HIPAKAD

PADANG,Lintas Media News
Guna mendukung program Indonesia's Forestry and Other Land Uses (FOLU) Nex Sink 2030, PT Semen Padang terus mensosialisasikan manfaat tanaman kaliandra merah yang merupakan tumbuhan berbentuk perdu yang berasal dari Guatemala Selatan.

Kali ini, sosialisasi tentang tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi baru terbarukan (EBT) itu, dilakukan kepada anggota Bintara Pembina desa (Babinsa) dan Himpunan Putra Putri Anak Purnawirawan Angkatan Darat (HIPAKAD), Senin (7/8/2023) 

Bertempat di Club House PT Semen Padang, sosialisasi kaliandra merah dengan nama latin Calliandra calothyrsus itu, digelar selama 2 hari (7-8 Agustus 2023). Sosialisasi tersebut, bekerjasama dengan Korem 032/Wirabraja dan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.

Sosialisasi tersebut, dihadiri Direktur Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh Ir. John Nefri, M.Si, dan sejumlah pejabat utama Korem 032/Wirabraja. Di antaranya, Kasrem Kolonel TNI Josep Tanada Sidabutar, Kasiops Kolonel TNI Ahmad Fikri Dalimonte, dan Kasiter Kolonel TNI Indra Padang.

Kemudian dari PT Semen Padang, hadir Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan Iskandar Z Lubis, yang hadir mewakili Direktur Utama Asri Mukhtar Dt Tumanggung Basa, Kepala Unit Penunjang Produksi Hendrio Harmel, Kepala Unit CSR Dedi M Sidiq, dan Kepala Unit Humas & Kesekretariatan Nur Anita Rahmawati. 
Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis mengatakan, kaliandra merah merupakan program unggulan dari CSR PT Semen Padang. Karena, tanaman ini sejalan dengan fokus dan komitmen PT Semen Padang pada tiga hal, yaitu planet, people dan profit atau yang disebut dengan Triple Bottom Line.

"Kenapa kami sebut program tanaman kaliandra ini sejalan dengan Triple Bottom Line? Karena, planet, people dan profit-nya dapat dalam penanaman kaliandra merah ini," kata Iskandar dalam sambutan pembukaan sosialisasi manfaat kaliandra merah kepada Babinsa dan HIPAKAD.

Seperti planet misalnya, Iskandar menyampaikan bahwa daun kaliandra dapat membantu mengikat karbon bebas, sehingga dapat mengurangi emisi efek rumah kaca. Kemudian di segi people, daun kaliandra merah ini juga dapat dimanfaatkan untuk menambah pendapatan masyarakat. Karena, daunnya bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak.

Selain itu, bunganya juga bisa digunakan untuk konsumsi madu galo-galo. Sedangkan kayunya, bisa digunakan sebagai bahan bakar alternatif yang dapat mensubstitusi bahan bakar batubara. "Kayu kaliandra ini kalau dalam kondisi basah, kalorinya sebesar 2.800 Kkal/kg.Kalau kering, bisa sampai 4.900 Kkal/kg" ujarnya.

"Artinya, kalori yang dihasilkan kayu kaliandra merah ini sudah cukup untuk kebutuhan batubara di Semen Padang, yaitu sekitar 4000-4100 Kkal/kg. Dan, kami di Semen Padang sejak awal tahun 2022 sudah memberdayakan masyarakat sekitar perhutanan sosial untuk menanam tanaman kaliandra merah ini," imbuh Iskandar. 

Oleh sebab itu, Iskandar berharap kepada Babinsa dan HIPAKAD untuk dapat mensosialisasikan manfaat kaliandra ini kepada masyarakat di wilayah binaannya. Karena, selain bernilai ekonomis, kaliandra merah ini juga merupakan tanaman remidiasi atau tanaman yang mampu meningkatkan mutu dari kondisi tanah.

Harapan ini, juga wujud dari kolaborasi PT Semen Padang dengan Korem 032/Wirabraja dan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. "Untuk itu, mohon dukungan Babinsa dan HIPAKAD untuk dapat mensosialisasikan kaliandra merah ini kepada masyarakat di wilayah binaannya. Karena, kaliandra ini adalah pohon masa depan energi Indonesia," kata Iskandar.

Sosialisasi kaliandra merah itu menghadirkan pemateri dari Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, yaitu Kepala UPT Perbaikan dan Pemeliharaan Auzia Asman, S.P., M.P, dengan materi yang disampaikan tentang cara pembibitan, penanaman, dan pemeliharaan kaliandra merah. 

Dari PT Semen Padang, hadir sebagai pemateri Satrio Rian Bhakti dengan tema "Semen Padang Thermal Substitution Rate Program". Pada sosialisasi tersebut, Satrio menyampaikan tentang Pemanfaatan Kaliandra Sebagai Bahan Bakar Alternatif & Pemberdayaan Masyarakat. Kemudian Ka. Unit Penunjang Produksi Hendrio Harmel, menyampaikan materi tentang pengembangan kaliandra sebagai alternatif AFR. 

Pada sosialisasi tersebut, para Babinsa dan HIPAKAD juga mengunjungi tempat nursery kaliandra merah yang berada di kompleks D1 PT Semen Padang, tempat penangkaran Rusa Totol, dan juga tempat konservasi ikan bilih yang merupakan ikan endemik di Danau Singkarak yang lokasi konservasinya juga berada di Kompleks D1 PT Semen Padang. 

Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Rayen Obersyl saat silahturahmi dengan manajemen PT Semen Padang di Wisma Indarung pada Senin (7/8/2023) malam, meminta agar Babinsa yang menjadi ujung tombak di lapangan untuk dapat menggeliatkan program penanaman kaliandra merah ini di wilayah binaannya. 

"Kaliandra ini sumber energi baru terbarukan dan bagus dibandingkan batubara. Kaliandra ini memiliki kalori yang sangat tinggi. Penanamnya juga muduh, hanya butuh modal tenaga dan kemauan. Ini cukup memabanggakan buat kita, semoga program penanaman kaliandra merah ini berkembang di Sumbar ini," katanya.

Untuk itu, lulusan Akmil 1992 itu meminta para Babinsa yang juga hadir pada acara silahturahmi dengan manajemen PT semen Padang, untuk mendorong masyarakat di wilayah binaannya agar dapat memanfaatkan lahan tidurnya untuk ditanami kaliandra merah. "Dari pada lahannya nganggur dan ditumbuhi semak, sebaiknya ditanami kaliandra. kaliandra ini bernilai ekonomis bagi masyarakat," katanya. 

Kepada manajemen PT Semen Padang, jenderal bintang satu itu juga menyampaikan bahwa Korem 032/Wirabraja memiliki ribuan pasukan yang tentunya siap berkolaborasi dengan PT Semen Padang. "Jadi, apapun program di Semen Padang yang bisa dikolaborasikan dengan Korem 032/Wirabraja, kami siap untuk berkolaborasi," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang Babinsa dari Kodim 0310/Sawahlunto Sijunjung bernama Serda Afri Ramadhan mengaku mendapatkan banyak pengetahuan dan pemahaman tentang manfaat kaliandra merah ini. Tentunya, apa yang didapat dari sosialisasi ini akan disampaikan kepada masyarakat di daerah binaannya di Nagari Muaro Bodi, Sijunjung.

"Manfaat kaliandra ini luar bisa. Saya akan dorong masyarakat di wilayah binaan saya untuk menanam kaliandra merah. Terutama, di lahan marginal atau lahan-lahan tidur yang ada di daerah binaan saya. Terima kasih Semen Padang yang telah memberikan sosialisasi manfaat kaliandra merah ini kepada kami," katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Babinsa Serda Irfan RD, Koramil 07/Bungus Teluk Kabung, Kodim 0312/Padang yang ditugaskan di Kelurahan Teluk Kabung Selatan Sungai Pisang. Kata dia, di daerah binaannya cukup banyak lahan tidur dan tentunya ini lahan tersebut  berpotensi untuk ditanami kaliandra merah. 

"Kaliandra merah ini bernilai ekonomis, dan saya juga akan mendorong masyarakat untuk menanam Kaliandra. Tentunya, tidak bisa harus dilakukan secara sendiri, saya akan libatkan pihak kelurahan dan juga Babinkamtibmas, supaya masyarakat di daerah binaan saya bisa memanfaatkan lahan tidurnya untuk ditanami kaliandra," katanya. 

Begitu juga dengan Sertu Adrianto, Babinsa Koramil 05/Pauh, Kodim 0312/Padang. Di wilayah binaannya di kawasan Kuranji, terdapat lahan tidur yang cukup banyak, terutama di kawasan Guo, Pasa Lalang, dan perbatasan Sungai Sarik. "Lahan-lahan tersebut, sangat berpotensi untuk ditanami kaliandra," ujarnya.(*)
Labels:
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.