50Kota Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Bank Nagari Bantaeng Batang anai Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Dewan Pakar MKB ANRI: Semen Padang Berpeluang jadi Memori Kolektif Bangsa

PADANG,Lintas Media News
Wakil Ketua Dewan Pakar Memori Kolektif Bangsa (MKB) yang juga Arsiparis Utama Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), M. Taufik, menyampaikan bahwa Arsip PT Semen Padang berpeluang untuk ditetapkan sebagai MKB. Karena, PT Semen Padang dari dulu sudah menerapkan sistem manajemen kearsipan yang telah mendapatkan akreditasi A dari ANRI.

"Insya Allah ada peluang (Arsip Semen Padang) untuk dijadikan MKB. Karena, semuanya sangat komit dengan kearsipan. Jadi, tidak ada alasan Arsip Semen Padang untuk tidak ditetapkan atau diregister menjadi MKB," kata M. Taufik usai memverifikasi dan koordinasi penominasian Arsip PT Semen Padang sebagai MKB, Jumat (5/5/2023).

M. Taufik juga mengatakan kalau ada yang kurang dari verifikasi yang dilakukan pihaknya ke Arsip PT Semen Padang, itu hanya hal-hal yang masih perlu untuk dilengkapi. Dan, itu adalah hal-hal yang menjadi persyaratan tambahan saja. "Kurang lebih begitu," ujarnya. 
Selain M. Taufik, verifikasi itu juga melibatkan Pustakawan Ahli Utama, Sri Sumekar, serta Arsiparis Ahli Madya, Muhammad Haris Budiawan, dan Arsiparis Ahli Pertama, Bening Tri Hanggoro. Verifikasi pun dimulai dengan mengunjungi Kantor Arsip PT Semen Padang.

Dalam verifikasi tersebut, Dewan Pakar MKB memverifikasi sekitar 36 berkas Arsip PT Semen Padang dari tahun 1907-1972. Masing-masing berkas terdiri 10-20 lembar yang berisikan tentang perencanaan pembangunan pabrik dari 1907 sampai mulai dibangun pada tahun 1910, hingga berkas arsip tahun 1972.

Lebih lanjut M. Taufik menyampaikan bahwa kedatangannya ke PT Semen Padang selain untuk memverifikasi MKB terhadap arsip masa lalu, masa kini dan masa depan yang diregister melalui program MKB, pihaknya juga mendukung bahwa PT Semen Padang adalah suatu kebanggaan nasional.

Oleh karena itu, penguatan-penguatan dari pendekatan kearsipan di PT Semen Padang harus terus dilakukan, sehingga arsipnya ketika dijadikan sebagai tata kelola dan akuntabilitas dari kinerja PT Semen Padang, dapat tergambar sebagai sebuah informasi perjalanan PT Semen Padang dari sebuah perkembangan zaman yang harus dijaga bersama.

Maka dari itu, kata M. Taufik, verifikasi arsip ini menjadi sangat penting. Tidak hanya sekedar untuk program MKB saja, tetapi bagaimana arsip yang diverifikasi ini ke depannya dapat menjadi suatu data dan informasi yang harus ditingkatkan menjadi knowledge kepada masyarakat.

"Artinya, warga Padang, khususnya di lingkungan Semen Padang, harus tahu bagaimana tiga dimensi (masa lalu, masa kini dan masa datang) perkembangan Semen Padang itu dari arsip. Karena, arsip adalah bukti akuntabilitas kinerja dan alat bukti yang sah," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang, Oktoweri saat menyambut rombongan Dewan Pakar MKB ANRI di Ruang Rapat Lantai III Kantor Pusat PT Semen Padang menyampaikan bahwa pihaknya sengaja mengajukan arsipnya untuk dijadikan MKB, karena PT Semen Padang merupakan industri semen pertama di Asia Tenggara.

Untuk itu, jika nantinya arsip PT Semen Padang telah diakui sebagai MKB, maka tidak tertutup kemungkinan arsip PT Semen Padang akan dijadikan sebagai tempat untuk kunjungan oleh berbagai pihak, bukan hanya oleh industri semen saja, tapi juga oleh industri lain atau pun kunjungan dari akademisi. 

"Kami berharap hasil verifikasi ini dapat memberi semangat buat kami sebagai industri semen yang diakui paling senior atau sebagai founder dari budaya beton di Asia Tenggara. Semoga, verifikasi ini dapat menjawab keinginan kami," kata Oktoweri.(*)
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.