Padang, Lintas Media News
Target kunjungan wisata ke Sumatera Barat (Sumbar) dalam tahu 2023 sebanyak 8,2 juta yang telah ditetapkan,sampai April ini telah tercatat sebanyak 4,1 juta wisatawan melancong ke Sumbar.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda, pada silaturahmi Gubernur Sumbar dengan Pemred Sumbar Sabtu malam (6/ 5-2023) di Auditorium Istana Gubernur Sumbar.

Dunia kepariwisataan saat ini memang menjadi primadona kekinian bagi income pemerintah maupun geliat ekonomi masyarakat di Sumatera Barat. Itu sebabnya pada pencanangan Visit Beautiful West Sumatra (VBWS) 2023, Pemprov Sumbar berani menargetkan 8,2 juta pelancong akan ke Sumbar.

“VBWS 2023 telah dicanangkan. Pak Gubernur dan Pak Wagub Sumbar sudah pasang target 8,2 juta orang wisatawan akan datang ke Sumbar,” ujar Kadis.

Kadis mengakui, target itu terasa berat. Namun melihat data terakhir di bulan April, termasuk saat Lebaran Idul Fitri, ternyata pelancong masuk Sumbar sudah 4,1 juta orang. Itu artinya sudah 51 persen dari target 8,2 sampai akhir tahun. Karena itu pula Dinas Pariwisata optimis target 8,2 juta orang ini akan bisa tercapai.

Menurut Budianda Sumatera Barat pernah mencapai angka 8,1 juta pelancong masuk ke Sumbar di tahun 2019. Tapi sejak pandemi Covid-19 dimana saat itu ada pembatasan dan penyekatan untuk memutus rantai sebar virus corona, kunjungan orang ke Sumbar langsung down.

“Melihat data orang masuk Sumbar hingga April 2023, kami optimis target akan tercapai bahkan bisa saja lebih. Apalagi selama Visit Beautiful West Sumatera ini kita menyediakan 82 iven serta empat iven berkelas internasional dan massal,” ujar Budianda.

Sementara,Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansyarullah mengapresiasi capaian target Kepala Dinas Pariwisata Sumbar sampai April ini.

 “Saya berharap rekan-rekan Pemimpin Redaksi media juga mensupport VBWS 2023 ini. Sehingga target 8,2 juta orang ke Sumbar tercapai. Kami juga mengucapkan terima kasih karena selama ini telah membantu sosialiasi dan promosi VBWS 2023 dan juga ikut memberi masukan dan saran kepada Pemprov Sumbar,” ujar Mahyeldi.

Pada malam silaturrahmi dan diskusi dengan Pimpinan Redaksi media massa itu juga tampil Kepala Dinas Kominfo Siti Aisyah yang menyampaikan evaluasi terhadap dua hal yang menjadi pokok bahasan malam itu yaitu Visit Beautiful West Sumatra (VBWS) 2023 serta pelaksanaan one way di lebaran 2023.(St)





 
Top