PADANG,Lintas Media News
Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar) Zardi Syahrir mengatakan.Dalam pelayanan publik,Tim Kreatif DPRD Sumbar Terus Kembangkan IT.
 
Menurut Zardi,dalam tahun 2023 hingga awal 2024, kegiatan pengelolaan media sosial di sekretariat DPRD Sumbar, telah memberikan nuansa baru khususnya dalam penyampaian informasi ke publik.

*Kita terus berupaya meningkatkan pelayanan publik agar semakin baik. Semua aktifitas di DPRD Sumbar tidak terlepas dari kreatifitas tim dan tenaga IT yang ada,” ungkap Zardi dalam evaluasi kinerja tenaga IT DPRD Sumbar di ruang diskusi publik Masjid Asy Syura. Kamis (21/3/2024).

Zardi menjelaskan, kinerja tenaga IT dalam mensuport semua kegiatan kedewanan DPRD Sumbar telah berjalan cukup bagus, baik dalam pengelolaan media sosial, support publikasi pemberitaan maupun dalam pengelolaan dokumentasi visual DPRD Sumbar.

“Untuk itu kami apresiasi dan ucapkan terima kasih atas semua yang telah dilakukan agar menjadi inspirasi untuk kemajuan dalam meningkatkan kepercayaan publik terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah provinsi Sumatera Barat,” ujar Zardi.

Pada kesempatan itu,Zardi juga mengingatkan, keberhasilan kegiatan pengelolaan media sosial tidak berhenti sampai di sini saja. Akan tetapi terus dilakukan hal-hal pemikiran dan cara-cara produktifitas yang lebih baik lagi di tahun 2024 ini.

“Jangan kita cepat puas atas keberhasilan kinerja tahun 2023, mesti apa yang telah kita lakukan tahun lalu menjadi jalan untuk hasil yang lebih baik lagi. Coba terus lakukan riset hal-hal yang memudah, menarik dan kreatif tampilan-tampilan medsos yang cepat dan mudah dicerna masyarakat,” ajaknya.

Dalam pengembangan dan pemanfaatan kemajuan teknologi informasi,menurut Zardi tidak ada batas ruang dan waktu. Teknologi informasi ini akan terus berkembang dengan cepat serta butuh ide, gagasan dan hal-hal solusi cepat dari persoalan penyelenggaraan pemerintahan maupun dalam pengelolaan informasi publik.

“Jika kita bisa menarik apa-apa yang akan terjadi ke depan pada pengembangan pemanfaatan IT, kenapa tidak kita mulai hari ini cikal bakal itu, sehingga kita mampu jadi terdepan dan terbaik”, ingatnya.

Untuk itu,Zardi mengajak tim IT berpikir kreatif dan produktif, dengan berbagai kemudahan fasilitasi kegiatan kedewanan mencari solusi dan hal-hal baru sesuai profesi keahlian masing-masing sehingga berkembang pesat dan bermanfaat bagi banyak orang.

“Persoalan layanan administrasi tamu, keamanan kantor, memonitor mobilitas dan aktifitas kedewanan, penilaian kinerja SDM dan hal-hal cepat dalam sebaran informasi publik. Tentunya perlu pemikiran-pemikiran dengan cara cepat digital dan hal-hal lain, termasuk hari ini tantangan kita cara produksi editing film 3 dimensi?,” ungkapnya.

Dan setiap potensi tenaga IT DPRD agar selalu melakukan diskusi yang melahirkan pemikiran-pemikiran baru dalam memberikan kontribusi peningkatkan cara kerja yang lebih baik.

“Jika nanti butuh dukungan fasilitasi, pelatihan, study tiru atau dalam pengolahan gagasan tersebut butuh peralatan dan lain sebagainya tentu akan difasilitasi pimpinan,” jelasnya.

Sementara,Kasubag Humas, Publikasi, Protokol dan Perpustakaan DPRD Sumbar Dahrul Idris juga mengatakan, mesti dituntaskan semua agenda yang telah ditargetkan secara baik dan tepat waktu.

“Kita sudah ada kerjasama dengan perpusnas RI, kemitraan dengan perguruan tinggi Sumbar dan produktifitas kinerja yang hendaknya berkembang meningkat dari tahun sebelumnya, ini amanah tugas yang kita mesti lakukan bersama-sama,” ujar Idris.

Idris menambahkan dalam meningkatkan layanan pengelolaan informasi publik dan pengelolaan dokumentasi kinerja DPRD Sumbar mesti berjalan secara berkesinambungan, koordinasi semua kegiatan dan laporkan secepatnya.

“Jangan hanya menunggu perintah. Kretifitas dan rasa tanggungjawab kerja dan pengabdian amatlah berdekatan. Karena itu jika ada kendala dan masalah yang dapat menghambat aktifitas produktifitas kinerja tim IT agar segera dilaporkan dan dikoordinasikan,” harapnya. (*)
 
Top