50Kota Aceh Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Balikpapan Bank Nagari Bantaeng Batang anai Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR Dumai FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Jeneponto Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Pauh kamba Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau samarinda Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar Tangerang TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Wakil Ketua DPRD Kota Solok Bayu Kharisma Himbau Para Orang Tua Untuk Selalu Menjaga Putra Putri Mereka Dari Pengaruh Kenakalan Remaja


Kota Solok Lintasmedianews.com - Malam kedua  TSR X kota Solok  mengunjungi Masjid Nurus Sakinah Kelurahan Nan Balimo , Bayu Kharisma mengucapkan terimakasih kepada jemaah Tarawih yang telah mendukung program pembangunan Kota Solok untuk menjadi Kota yang Berjuara ( Berkah Maju Dan Sejaterah) , Pada kesempatan itu Masjid Nurus Sakinah juga di kunjungi oleh Relawan kemanusian dari Palestina. Dalam rangka peduli Palestina yang sampai saat ini masih belum kondusif.

Dalam pengumpulan donasi kemanusiaan untuk palestina Wakil Ketua DPRD Kota Solok Bayu Kharisma ikut menyumbang sejumlah Rp 1.000.0000., 


Tim Safari ramadhan (TSR) X kota Solok yang dipimpin oleh wakil ketua DPRD Bayu Kharisma  didampingi oleh Zulkarnaini Ap.M.si kasatpol pp, Maulana Anshari Siregar, kepala BPJS ketenagakerjaan, Dr.Asrinur Sekretaris dinas pendidikan, Budi Kurniawan,S.STP. Msi,  Desi Arisandi Anggota KPU, Riskarta Wartawan Lintas Media, Zulkifli Wartawan Sumbar Pos, Miler krisdoni Wartawan Target. Senin 19/3-2024.

Bayu Kharisma dalam sambutan menyampaikan program pemerintah yang sedang berjalan dan yang telah selesai dilaksanakan 

Sehubungan dengan pelaksanaan Ibadah di Bulan Suci Ramadhan 1445 H, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Daerah melaksanakan kunjungan ke Masjid-Masjid yang ada di Kota Solok melalui Tim Ramadhan yang tahun ini terbagi dalam 18 Tim. Kunjungan Tim Ramadhan Kota Solok bertujuan untuk meningkatkan silaturrahim sekaligus bertatap muka dan berdialog dengan jama'ah atau masyarakat di sekitar masjid dalam rangka mendapatkan masukan-masukan langsung dari masyarakat demi kemajuan Kota Solok serta untuk mengetahui permasalahan dan persoalan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat untuk dicarikan solusinya. Selain itu, kunjungan Tim Ramadhan ini juga dimanfaatkan untuk menyampaikan program-program pembangunan strategis dari Pemerintah Daerah sehubungan dengan pelaksanaan tugas Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan di Kota Solok.

Dalam pelaksanaan pembangunan, Pemerintah Daerah berpedoman pada Rencana Pembangunan
Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021 sampai Tahun 2026, untuk mewujudkan Kota Solok menjadi kota "BERJUARA" (Diberkahi, Maju dan Sejahtera).

Tahun ini merupakan tahun terakhir dari kepemimpinan Wali Kota Solok dan Wakil Wali Kota Solok. Telah banyak hasil pembangunan yang sudah dicapai. Keberhasilan tersebut tentu tidak lepas dari partisipasi semua unsur yang ada di Kota Solok. Semua itu kita lakukan dalam upaya menjadikan Kota Solok sebagai Kota Beras Serambi Madinah.

Jargon yang sudah melekat di Kota tercinta ini tentu menjadi amanah dan tanggung jawab moril tersendiri bagi kita untuk mendukung dan mewujudkannya. Tanpa adanya sinergitas seluruh unsur yang ada di Kota Solok, rasanya sulit bagi kita untuk menjadikan Kota Solok menjadi Kota Beras Serambi Madinah. Untuk itu, pada momentum kunjungan Tim Ramadhan 2024 ini, Kami mengajak masyarakat agar dapat berperan aktif dalam pembangunan di Kota Solok.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa telah banyak hasil-hasil pembangunan dan prestasi yang diraih sebagai upaya kita mewujudkan visi dan misi sesuai dengan RPJMD. Dibidang pembangunan ekonomi, Kota Solok yang pertumbuhan ekonominya sebesar 4,60% lebih baik dibanding Kabupaten Kota lainnya di Provinsi Sumatera Barat. Prestasi yang menggembirakan lagi adalah angka Kemiskinan Kota Solok secara nasional adalah nomor 7 terendah di Indonesia dan nomor 2 terendah di Provinsi Sumatera Barat. Sementara itu, angka Kemiskinan Ekstrem sudah menjadi 0%. Artinya saat ini sudah tidak ada lagi masyakarat yang masuk dalam kategori miskin ekstrem di Kota Solok.

Dibidang pembangunan infrastruktur, sudah banyak hasil-hasil pembangunan yang dapat kita nikmati, diantaranya:
1. Normalisasi dan pengendalian banjir Batang Lembang, yang sudah dapat mengantisipasi terjadinya banjir diwaktu musim hujan pada wilayah yang sudah dilakukan normalisasi sungai. 

2. Pembangunan Stadion Marahadin di Laing yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas, sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berolah raga. Stadion ini juga dipersiapkan untuk mendukung Kota Solok menjadi tuan rumah Pekan Olah Raga Provinsi (PORPROV) pada tahun 2025 nanti.

3. Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Solok Tipe C di Banda Panduang Kelurahan Tanah Garan yang direncanakan akan dioperasionalkan pada Tahun 2024 ini

4. Pembangunan Embung Batang Bingung di Kelurahan Tanjung Paku dengan kapasitas sebesar 53.000 m3, yang direncanakan akan dimanfaatkan untuk irigasi, sumber air baku bagi Perumda Air Minum Pincuran Gadang (PDAM), untuk konservasi lahan dan juga sebagai objek wisata.

5. Peningkatan pelayanan air bersih, dimana PDAM Kota Solok sudah berubah menjadi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Pincuran Gadang. Untuk peningkatan pelayanan air bersih ini, Kota Solok di bantu oleh Pemerintah Jepang khususnya dalam peningkatan kualitas, kuantitas dan kontinuitas pelayanan air bersih kepada masyarakat serta untuk peningkatan sumber daya manusia

6. Penyelesaian Jalan Lingkar Utara, dimana pada tahun 2024 ini kita mendapatkan alokasi dana dari APBN melalui Kementerian PUPR sebesar Rp. 62,5 Milyar yang akan digunakan untuk penyelesaian pembangunan Jalan Lingkar Utara sehingga bisa dimanfaatkan secara optimal.
7. Sementara itu pembangunan di bidang sosial, dapat disampaikan hasil yang telah dicapai diantaranya:

1. Jaminan Perlindungan Kesehatan seluruh Warga Kota, cukup dengan menggunakan KTP Kota Solok, warga Kota Solok sudah bisa mendapatkan layanan kesehatan difasilitas kesehatan yang ada. Bagi keluarga tidak mampu yang dirawat di Rumah Sakit, disediakan bantuan biaya bagi keluarga pendamping

2. Program Perlindungan sosial bagi masyarakat miskin, terlantar, lansia, disabilitas, korban kekerasan, dan pemerlu layanan sosial, melalui program Bantuan Sosial dan Pangan bagi keluarga tidak mampu, Rantang Peduli yakni bantuan makanan siap saji rutin bagi lansia terlantar dan tidak mampu serta Gebuk Sakuku (Gerakan seribu koin untuk membantu saudaraku yang kurang mampu)

3. Progam Solok Sejahtera, Solok Sehat, dan Solok Cerdas bersama Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Solok. Program bantuan produktif, konsumtif, beasiswa dan rumah yang layak bagi keluarga miskin yang dihimpun dari zakat, infaq dan sadaqah.

Selain dari hasil-hasil pembangunan tersebut, Kota Solok juga telah banyak mendapatkan prestasi dan penghargaan baik ditingkat Pusat maupun ditingkat Provinsi, diantaranya:

1. Mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah selama 7 kali berturut- turut

2. Meraih piala ADIPURA Kementerian Lingkungan Hidup sebagai bentuk penghargaan bagi kota yang berhasil dalam mengelola kebersihan dan lingkungan.

3. Pada tahun 2024 ini Kota Solok masuk dalam 10 besar Nasional untuk bersaing mendapatkan Penghargaan Pembangunan Daerah sebagai Kota terbaik dalam perencanaan pembangunan daerah dari Bappenas.

Bapak/Ibuk dan Hadirin yang berbahagia

Pada kesempatan ini perlu kami sampaikan kepada Bapak/Ibuk Jama'ah dan seluruh masyarakat bahwa saat ini Pemerintah Daerah sedang menyusun dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 dengan rencana Visi "Solok Kota Madani Kota Perdagangan dan jasa yang Sejahtera Maju dan berkelanjutan."

Selanjutnya, Visi Kota Solok tersebut dijabarkan dalam Misi pembangunan. Oleh karena itu, tentu Pemerintah Daerah mengajak kita bersama dapat berperan serta merencanakan masa depan kota kita ini untuk 20 tahun mendatang.

Bapak/Ibuk dan Hadirin yang berbahagia. 

Terakhir, dalam rangka menjaga kenyamanan dan kekhusukan ibadah pada Bulan Ramadhan, kami menghimbau kepada kita semua, sebagai berikut :

1. Masyarakat agar menerapkan pola hidup hemat dan sederhana di Bulan Ramadhan. Tidak belanja dan menumpuk bahan kebutuhan pokok untuk mencegah kenaikan harga-harga. Karena adanya fenomena sebagian masyarakat yang berlebihan saat mempersiapkan hidangan buka puasa, padahal salah satu hikmah puasa adalah menahan diri dari sikap yang berlebihan tersebut sebagai bagian dari mengekang hawa nafsu.

2. Waspada dan hati-hati saat meninggalkan rumah, terutama di waktu berangkat menuju masjid untuk melaksanakan Shalat Tarawih. Pastikanlah rumah dalam keadaan terkunci, kompor dan perangkat elektronik sudah dimatikan, untuk mengantisipasi bahaya kebakaran, pencurian dan kejadian lain yang tidak diinginkan.

3. Selalu menjaga Kebersihan, sebagai upaya kita mempertahankan penghargaan tertinggi dibidang lingkungan hidup yakni piala ADIPURA. Diharapkan kepada masyarakat dapat memilah sampah dan tidak membuangnya secara sembarangan serta mengolahnya menjadi kompos dan selalu meningkatkan gotong royong membersihkan tempat ibadah dan sarana umum lainnya.

4. Khusus kepada generasi muda, agar tidak bermain petasan, merchon dan benda sejenis, serta berupaya menghindari tindakan yang dapat mengganggu kenyamanan ibadah kaum muslimin dan muslimat di Kota Solok, khususnya di malam hari.

Bapak/Ibuk dan Hadirin yang berbahagia

Pada Ramadhan tahun ini, adalah Ramadhan terakhir kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (H. Zul Elfian Umar dan H. Ramadhani Kirana Putra) sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solok.
Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada segenap lapisan masyarakat atas partisipasi dan kerjasamanya demi kemajuan pembangunan Kota Solok. Kami pun tidak lepas dari kesalahan/khilaf selama ini.

Untuk itu dari hati yang paling dalam, Kami mohon maaf lahir bathin. Semoga di bulan Ramadhan ini hati Kita Suci dan selalu terjalin Silaturrahim antara Kita.

Demikian Berbagai ini saya sampaikan, Kami atas nama Ketua TIM RAMADHAN Kota Solok 1445H /2024 M, sekali lagi mengucapkan "Selamat menjalankan ibadah Ramadhan 1445 H, semoga Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, selalu memberikan kekuatan bagi kita dalam meningkatkan iman dan taqwa di bulan suci Ramadhan ini, sehingga kita sampai ke derajat Taqwa setelah menunaikan ibadah puasa sebulan penuh, Aamiin Ya Rabbal 'alamiin. 
Tim safari ramadhan juga menyerahkan bantuan sebesar 3 juta rupiah.(*)
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.