PADANG,Lintas Media News
Ajang inovasi Semen Padang Improvement Event (SPIE) Award 2023 telah berakhir. Sebanyak 57 dari 620 inovasi yang diperlombakan pada ajang tahunan tersebut, berhasil meraih prestasi dengan rincian, sebanyak 16 tim meraih prestasi dengan predikat Platinum, 47 Predikat Gold dan 4 Predikat Silver.

Direktur Utama (Dirut) PT Semen Padang, Indrieffouny Indra, mengapresiasi para inovator di PT Semen Padang yang telah berhasil meraih prestasi di ajang SPIE Award 2023. Dia berharap melalui prestasi ini, maka semangat insan perusahaan untuk berinovasi terus meningkat. 

"Saya berharap prestasi yang diraih para inovator, baik tim maupun individu di ajang SPIE ini, dapat menjadi motivasi bagi insan perusahaan untuk terus berkarya dan menghasilkan ide-ide inovatif yang bermanfaat bagi perusahaan," kata Indrieffouny dalam sambutan Penganugerahan SPIE Award 2023 dan 
Launching SPIE Award 2024 di Wisma Indarung PT Semen Padang, Jumat (1/3/2024) 

Ajang inovasi SPIE, katanya melanjutkan, bukanlah sekadar sebuah acara seremonial rutin tahunan berupa pemberian reward atas karya-karya inovasi yang berhasil terimplementasi, namun sebenarnya adalah langkah strategis perusahaan dalam merepresentasikan semangat kolaborasi, keberanian dalam berinovasi, dan komitmen untuk menjawab tantangan masa depan dengan solusi yang cerdas dan terkini. 

Oleh karena itu, mari jadikan SPIE ini sebagai momentum yang akan membawa perusahaan untuk lebih dekat lagi menuju pencapaian-pencapaian luar biasa di masa mendatang. Karena, peran krusial dari setiap individu dan tim dalam mewujudkan visi inovatif di PT Semen Padang sangat diakui oleh manajemen perusahaan. 

"Predikat yang diraih pada ajang SPIE Award ini adalah bukti nyata bahwa semangat berinovasi yang menggelora telah menyebar dan membudaya di seluruh lini perusahaan Semen Padang," ujar orang nomor satu di lingkungan perusahaan semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara ini.

Pada acara Penanugerahan SPIE Award 2023 tersebut, juga diserahkan penghargaan kepada tim inovasi yang berhasil meraih restasi di ajang nasional Temu Karya Mutu & Produktivitas Nasional (TKMPN) ke XXVII di Yogyakarta yakni Tim Anti Slip, Fan Team, Power Ranggers, SS Enviro, Voltra Pro, Inobelt, Mystaco (Mystacoleucus Padangensis) dan GKM Molita (Motor Listrik Tambang). Penghargaan juga diserahkan kepada Tim Bridge & Tim Kim Pro yang mengikuti ajang internasional ICQCC 2023 di Beijing, China serta Tim Bonus Liner yang mengikuti IQPC 2023 di Kuala Lumpur, Malaysia.  

Acara penanugerahan SPIE Award itu diakhiri dengan launching SPIE 2024 dengan tema "Bersama Kita Bisa Berinovasi Lampaui Batas Menuju Puncak Kesuksesan, Menjaga Bumi untuk Generasi Masa Depan" oleh Dirut PT Semen Padang Indrieffouny Indra, dan turut disaksikan Direktur Keuangan & Umum Oktoweri, dan Direktur Operasi Pri Gustrari Akbar, serta sejumlah staf pimpinan di lingkungan PT Semen Padang.

Menurut Indrieffouny, tema ini mencerminkan komitmen PT Semen Padang untuk terus berinovasi, melampaui batas-batas yang ada, dan mewujudkan kesuksesan bersama, sambil menjaga bumi untuk generasi masa depan. "Ini sebuah awal yang baru, sebuah era keberlanjutan dan pengembangan inovasi yang lebih jauh lagi," katanya.

"Kami yakin bahwa SPIE 2024 akan menjadi platform yang memperluas cakupan dan dampak inovasi kita. Untuk itu, kami mengundang seluruh insan perusahaan untuk bergabung dalam perjalanan ini, untuk memberikan kontribusi melalui karya-karya inovasi pada SPIE 2024," sambung Indrieffouny.

Staf Total Productive Maintenance (TPM) Officer PT Semen Padang, Wan Setiawan, menyampaikan bahwa jumlah predikat Platinum yang diraih para inovator pada ajang SPIE Award 2023 ini, merupakan yang terbanyak sejak SPIE ini mulai diselenggarakan dari tahun 2011. "Jadi, raihan Predikat Platinum ini adalah sejarah. Tahun ini yang terbanyak, jumlahnya 16 Predikat Platinum," katanya.

Dia pun juga menyampaikan bahwa SPIE 2023 ini diikuti oleh 620 judul inovasi dengan total potensi benefit sebesar Rp87 milyar, dari seluruh judul inovasi tersebut, 75 persen atau 463 judul inovasi berhasil terimplementasi, sehingga diundang mendaftar sebagai peserta SPIE Award 2023.

"Pada ajang ini, kami pun melibatkan juri-juri inovasi yang berasal dari internal perusahaan. Para juri ini, telah bersertifikat sebagai juri nasional dan berpengalaman dalam penjurian inovasi, baik ditingkat perusahaan, holding maupun nasional," ujarnya sembari menyebut bahwa ajang inovasi ini, diikuti oleh 216 karyawan atau 20 persen dari total 1077 karyawan PT Semen Padang.(*)
 
Top