M. Aziz Nugraha (SMAN 1 Kota Pariaman) dan Selby Jopima (SMAN 4 Kota Pariaman), menjadi wakil kota tersebut ke Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLSSN) 2024 tingkat Provinsi Sumatra Barat, kategori Karya Jurnalistik, secara spesifik menulis feature. Keduanya terpilih setelah naskahnya ditetapkan sebagai naskah terbaik.

Sesuai ketentuan panitia tingkat provinsi, setiap kabupaten/kota hanya boleh mengirimkan maksimal dua peserta. Calon peserta dari Kota Pariaman lebih dari dua orang. Akhirnya MKKS Kota Pariaman bersepakat agar penetapan utusan kota tersebut dinilai pihak independen.

“Saya mengucapkan terima kasih atas amanah yang diberikan,” kata Firdaus Abie, wartawan senior yang sehari-hari di Koran Pagi Posmetro Padang yang didapuk sebagi juri,  di SMAN 2 Kota Pariaman, Kamis (28/3)

Peserta sudah menulis, lalu Firdaus Abie juga memberikan tambahan bekal kepada peserta. Bekalnya terkait spesifikasi dalam penulisan feature. Bagaimana mendapatkan dan menggali bahan, lalu bagaimana menuliskannya. 

Firdaus Abie mengingatkan, feature adalah karya jurnalistik yang spesifik. Materinya berupa gabungan berita dan analisis penulis. Dituliskan dengan cara “melukiskan” peristiwa yang terjadi, sehingga pembaca seakan dibawa atau berada di lokasi kejadian. 

Dikesempatan tersebut, Firdaus Abie kemudian memberikan tugas kepada peserta. Setiap peserta membuat tulisan dalam bentuk feature terkait buku terakhir yang dibacanya. Peserta hanya diberi waktu selama 15 menit. 

Menurut Dra Elfi Junaida M.Si (Kepala SMAN 1 Kota Pariaman) dan Desi Susanti, S.Pd, M.Pd (Kepala SMAN 4 Kota Pariaman) yang turut hadir pada penilaian tersebut, materi yang diberikan Firdaus Abie sangat bermanfaat. Tak hanya bagi peserta, tetapi juga bagi yang hadir. Bekal tersebut sekaligus menambah pengetahuan dan motivasi untuk menulis.

M. Aziz Nugraha dan  Selby Jopima menyakan, mereka siap untuk mengikuti lomba tersebut di tingkat provinsi. Keduanya mengaku, sebelumnya sudah dibekali guru pembimbing, sekarang mendapat tambahan bekal. *

 
Top