SolokKota Lintasmedianews.com – Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok lakukan pemangkasan pohon yang berada di rumah dinas Walikota Solok, Kamis (29/2).

Pemangkasan ini dipimpin oleh Eko Susanto, sekaligus pemeliharaan sarana dan prasarana, bersama beberapa anggota PHL. 1 unit crane ikut dikerahkan dalam pemangkasan ini.

Adapun jenis pohon yang dipangkas adalah pohon Glodokan tiang yang berjumlah 4 batang.

Pohon glodokan tiang (Polyathia Longifolia) merupakan salah satu jenis tanaman yang berguna sebagai tanaman peneduh, memiliki daun berbentuk lanset dan memanjang, pada bagian pinggir daun bergelombang, pertulangan daun menyirip serta berwarna hijau, pohon glodokan tiang tumbuh menjulang ke atas, namun bisa juga tumbuh seperti pohon cemara, pohon glodokan dapat tumbuh mencapai ketinggian 5 sampai 8 meter.

Pohon glodokan tiang sering dimanfaatkan sebagai penetralisir udara yang sudah tercemar di kota – kota besar, tanaman ini juga dapat berperan sebagai peredam suara. apabila pohon ini tidak terawat dan tidak sehat maka sering sekali terdapat sarang semut di batangnya yang dapat membuat batang dari pohon peneduh yang satu ini menjadi terkelupas dan rusak, sehingga memang harus dilakukan perawatan dan pemangkasan rutin agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Di samping berfungsi sebagai penyimpan air bersih di dalam tanah pohon juga berfungsi sebagai pengkonversi zat Carbon (CO2) ke dalam Oksigen (O2) yang sangat di butuhkan oleh makhluk hidup, terutama manusia.

Perlu adanya upaya yang seimbang antara keselamatan dilingkungan rumah dinas Walikota akibat pohon tumbang dan perlindungan pohon sebagai upaya untuk memperindah kawasan juga sebagai fungsi pelestarian lingkungan hidup.

“ Kita selalu berusaha selektif dan sangat berhati-hati dalam memangkas pohon karena keberadaan pohon juga sangat penting bagi keberlangsungan lingkungan hidup sekitar,” sampai Eko.

Ditambahkannya bahwa Dinas Lingkungan Hidup sangat mempertimbangkan keberadaan pohon sekaligus juga memperhatikan sebagai keindahan dan keselamatan disekitar pohon.

Semoga kita semua menjaga dan merawat pohon yang berada di lingkungan sekitar sehingga tercipta suasana yang “Berdasi” bersih, rapi dan asri, sesuai slogan Kota Solok. (T/K)
 
Top