Parit Melintang,Lintas Media News
Tahun 2021-2025 merupakan periode Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) ke-empat atau periode terakhir RPJPD Kabupaten Padang Pariaman tahun 2005-2025.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur saat membuka kegiatan Musyarawah Rencana Pembangunan (Musrembang) Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Padang Pariaman tahun 2025-2045 pada Selasa, (26/3/ 2024 di Hall IKK Padang Pariaman, Propinsi Sumatra Barat.

Bupati Suhatri Bur dalam sambutannya, mengatakan, Musrembang merupakan salah satu tahapan dalam rangka penyusunan dokumen RPJPD sebagai pedoman pemerintah daerah dalam jangka 20 tahun ke depan. Dalam penyusunannya, melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan, mulai dari unsur pemerintahan, akademisi, dan masyarakat.

Merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017, upaya pembangunan harus dirancang sedemikian rupa secara bersama, dilaksanakan secara profesional, transparan dan sinergisitas oleh seluruh stakeholder terkait di Kabupaten Padang Pariaman.

“Hal ini kita lakukan agar pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya yang ada pada suatu daerah dalam jangka waktu tertentu bisa digunakan secara maksimal, tepat sasaran, dan tepat anggaran,” ungkapnya.

Dikesempatan yang sama Ia menuturkan, arah kebijakan penyusunan RPJPD diharapkan berpihak pada kesejahteraan masyarakat. Sementara itu, evaluasi hasil capaian indikator kinerja RPJPD Kabupaten Padang Pariaman perlu menjadi acuan dalam menyusun rancangan RPJPD Kabupaten Padang Pariaman tahun 2025-2045.

“Diakhir periode RPJPD ini kami kembali mengingatkan kepada kita semua agar betul-betul serius mempedomani hasil RPJPD ini dalam rangka menyusun rencana pembangunan jangka panjang daerah kita,” katanya.

Adapun visi RPJPD Kabupaten Padang Pariaman tahun 2025-2045 yang saat ini sedang disusun adalah Padang Pariaman Maju, Berkelanjutan, Sejahtera, dan Merata.

Musrembang yang dimoderatori oleh Asisten Administrasi Umum Fakhriati ini menghadirkan Narasumber Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas Harif Amali Rifai, dan Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah Bappeda sumbar Yudha Prima.

Disamping itu, turut hadir sebagai peserta Musrembang segenap Unsur Forkopimca, Kepala Dinas/Badan/Bagian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Kemenag, Ketua Baznas, dan Camat se-Kabupaten Padang Pariaman, serta turut diikuti oleh berbagai elemen masyarakat.(*/Len).
 
Top