Solok Kota Lintasmedianews.com 

Pemanfaatan gang sebagai sarana mengembangkan tanaman sayuran atau gang hijau menjadi salah satu upaya Dinas Pangan dalam percepatan penganekaragaman konsumsi pangan. Program ini untuk mendukung ketahanan pangan warga khususnya untuk memenuhi kebutuhan sayuran.

Percontohan pemanfaatan jalan lingkungan sebagai gang hijau dilaksanakan setiap tahun oleh Dinas Pangan Kota Solok dengan lokasi yang berbeda. Salah satunya di lokasi Dasawisma Bougenville 32 RT 01/RW 01 Kelurahan Pasar Pandan Airmati (PPA) Kota Solok, (7/2/2024).

Berbagai jenis tanaman sayuran ditanam warga di gang hijau ini. Mulai dari pakcoy, samhong dan selada merah. Sayuran-sayuran ini ditanam secara swadaya bersama masyarakat. Hasilnya pun dibagikan ke masyarakat.

Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Pangan Kota Solok, Fitrriani mengatakan, Gang hijau merupakan lorong atau jalan kecil yang terletak di perkampungan dalam kota dan ditanami aneka jenis tanaman. Manfaat adanya Gang Hijau yakni ketahanan pangan, edukasi tanaman pangan dan teknologi.

“Kegiatan ini menjadi stimulan agar masyarakat bisa menerapkan di lingkungan masing-masing. Terutama pekarangan rumah yang bisa dimanfaatkan untuk budidaya tanaman sayur dan jenis lainnya,” ungkap Fitriani.

Masyarakat setempat juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pangan Kota Solok telah memilih Kelurahan Pasar Pandan Airmati sebagai percontohan gang hijau. Program percontohan ini bermanfaat bagi Dasawisma pengelola maupun masyarakat sekitar.

“Kepada Dasawisma pengelola untuk tetap semangat mengelola Gang Hijau sebagai contoh bagi masyarakat sekitar agar memanfaatkan lahan pekarangan untuk mengkonsumsi sayuran yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman. Semoga kian banyak gang dan pekarangan hijau di Kota Solok,” harap Fitriani.

Dalam program tersebut, Dinas Pangan memberikan bantuan sarana prasarana hidroponik air tenang berupa Paralon 3 inchi, Dop Paralon, TDS (alat ukur konsentrasi nutrisi pupuk AB mix). Kemudian Nutrisi AB Mix, Net Pot, Rockwool, serta benih tanaman sayuran Selada Hijau, Selada Merah, Kangkung, Samhong dan Pakcoy. (T/K)

 
Top