PADANG,Lintas Media News
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Luhur Budianda ungkapkan.Sebanyak 78 event bakal digelar di Sumbar dalam tahun 2024 ini.

"Untuk tahun 2024 ini kami menghimpun data event-event yang akan diselenggarakan oleh setiap kabupaten dan kota, di samping event provinsi dan komunitas, baik yang bersifat kabupaten, provinsi, nasional maupun internasional," ungkap Luhur Budianda, saat Launching Calendar of Event 2024 Sumbar. Sabtu (20/1/2024) malam di Pantai Puruih Padang. 

Dikatakannya, dari 131 _event_,  pihaknya sudah memilah menjadi 78. Tagline _Visit Beautiful West Sumatera_ juga tetap dipertahankan, menimbang _Visit Beautiful West Sumatera 2023_ sudah dikenal dunia. 

Untuk menunjang akurasi data sektor pariwisata Sumbar terutama mengenai data kunjungan wisatawan, tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) mengidentifikasi wisatawan yang masuk ke daerah itu dengan menggunakan aplikasi PETA Sumbar. Aplikasi ini  membantu memperjelas pergerakan wisatawan masuk Sumbar. 

"Tahun ini kita kembali memperkenalkan e-Book Buku Digital Pariwisata Sumatera Barat, di mana E-Book ini sudah dapat diakses melalui Android masing-masing, dengan memindai atau scan QR Code yang sudah disediakan, berisi informasi-informasi pariwisata Sumatera Barat yang dibutuhkan, kapanpun, dan dimanapun berada," tambahnya.

Acara _launching_ ini dihadiri langsung oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi, yang sekaligus meresmikan _launching_.

Gubenur, dalam kesempatan itu, menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan, atas kerjasama dan kolaborasi seluruh pentahelix Pariwisata Sumbar, yang telah bahu-membahu sepanjang tahun 2023 menyukseskan program aktivasi sektor pariwisata Sumatera Barat setelah masa pandemi COVID-19, lewat program Tahun Kunjungan Wisata atau _Visit Beautiful West Sumatra 2023_.

“Alhamdulillah, program ini telah berjalan sukses, di mana kita telah berhasil memacu kembali laju pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata sepanjang tahun 2023 dengan capaian 137,12 persen dari target yang dicanangkan,” sebutnya.

Gubernur juga mengapresiasi pihak-pihak yang telah mempersiapkan semua _event_ untuk 2024.

“Kami mengapresiasi Pemerintah Kabupaten atau Kota dan OPD Provinsi, beserta komunitas masyarakat, yang telah mempersiapkan _event-event_ terbaiknya pada tahun 2024 ini. Kami juga memandang ini sebagai bentuk keseriusan dan upaya Kabupaten dan Kota dalam menarik minat wisatawan berkunjung,” ujarnya.

Gubernur juga menyampaikan harapan, agar di tahun 2024, kunjungan wisatawan ke Sumbar bisa terus meningkat, dan masyarakat serta pelaku industri pariwisata Sumbar bisa menjadi ujung tombak pelayanan terhadap wisatawan.

"Kami berpesan agar menjadi tuan rumah yang baik dan ramah terhadap wisatawan dengan menerapkan aspek Sapta Pesona," kata Gubernur.(rel)
 
Top