SOLOKKOTA Lintasmedianews.com .- Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar menandatangani Berita Acara serah terima Satlinmas PAM TPS Pemilu 2024 di Kota Solok bersama Ketua KPU Kota Solok, Ariantoni, di Gor Alimin Sinapa, Tanjung Paku, Kota Solok, Selasa (23/01/24).

Turut hadir, Kapolres Solok Kota, AKBP Ahmad Fadillan, Ketua Bawaslu Kota Solok, Kasatpol PP Kota Solok, OPD Terkait, Camat, Lurah se-Kota Solok serta 472 Orang Satlinmas untuk menjaga 236 TPS di Kota Solok.

Wako dalam arahannya mengatakan, sebagaimana amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat serta Perlindungan Masyarakat, salah satu tugas hak dan kewajiban adalah membantu penanganan ketentraman dan ketertiban umum dan keamanan dalam Penyelenggaraan Pemilu.


" Pada hakikatnya Satlinmas ini adalah Warga Negara Republik Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk diangkat dan secara suka dan rela turut serta dalam kegiatan Perlindungan Masyarakat, kapan saja sebagaimana sudah di atur dalam Permendagri Nomor 26 Tahun 2020, terlebih lagi bersifat sosial sehingga tanpa disadari Satlinmas ini sudah menciptakan tabungan akhirat yang mudah-mudahan dicatat oleh Allah SWT sebagai amal ibadah," sebut wako.

Selanjutnya, pelaksanaan sosialisasi dan serah terima Satlinmas pengamanan Pemilu Tahun 2024 yang kita laksanakan hari ini bukanlah hal yang baru karena Satlinmas ini sebelumnya bernama Hansip yang sudah ada sejak Kemerdekaan Republik Indonesia.

Tugasnya adalah sebagai pelindung dan pengaman bagi warga negara ini dari ruang lingkup paling terkecil yaitu RT dan RW yang berada dikelurahan.

" Untuk itu sangat perlu sekali kiranya Satlinmas dibekali dengan pengetahuan dalam melaksanakan tugas terutama dalam Pengamanan TPS pada Pemilu," pesan Zul Elfian Umar. 

Anggota Satlinmas akan terjun langsung dilapangan, Pada akhirnya dapat menciptakan rasa aman dan nyaman ditengah-tengah masyarakat terutama Pengaman TPS Pemilu.

Perlu perhatian oleh Satlinmas pada saat Pemungutan suara di TPS yaitu selalu menjaga Keamanan, ketertiban dan kelancaran Pelaksanaan Pemungutan Suara.

" Kami berharap Satlinmas berperan aktif membantu penangganan Ketentraman, Ketertiban dan Keamanan dalam Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 di Kota Solok," tutupnya.(T/K)
 
Top