PADANG,Lintas Media News
Tim inovasi PT Semen Padang mencatatkan prestasi gemilang pada ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) ke-XXVII yang digelar di Yogyakarta pada 27-30 November 2023. Sebanyak 8 tim yang dikirim ke ajang bergengsi tingkat nasional itu, berhasil monorehkan 7 predikat Platinum dan 1 Gold.

Direktur Utama (Dirut) PT Semen Padang Asri Mukhtar Dt Tumangguang Basa mengapresiasi keberhasilan 8 tim inovasi tersebut. "Ini prestasi yang membanggakan, tentunya ini dapat menjadi motivasi bagi insan perusahaan untuk terus berinovasi di tengah ketatnya persaingan industri semen saat ini," kata orang nomor satu di Semen Padang di Padang, Jumat (1/12/2023). 

PT Semen Padang, kata Asri Mukhtar, terus mendorong insan perusahaan untuk terus berinovasi. Dorongan tersebut, dimulai dari rutinnya PT Semen Padang setiap tahun menggelar ajang inovasi Semen Padang Improvement Event (SPIE). Bagi tim iovasi yang meraih predikat tertinggi di ajang SPIE, akan dikirim ke ajang tingkat nasional seperti TKMPN ini. 

"Tidak hanya ajang nasional, tapi juga dikirim ke ajang inovasi tingkat internasional," ujarnya.

Bagi PT Semen Padang, sangat banyak manfaat dari berbagai inovasi yang telah dilakukan insan perusahaan. Di antaranya, memberikan potensi benefit yang dapat menurunkan Cost of Goods Manufactured (COGM) atau biaya pokok dalam proses produksi semen.

Seperti delapan tim inovasi yang meraih penghargaan di TKMPN ke-XXVII ini contohnya. Berkat, inovasi yang telah dilakukan, delapan tim ini berpotensi memberikan benefit sekitar Rp10 miliar dan tentunya hasil inovasi ini dapat meningkatkan efisiensi perusahaan. 

"Artinya apa? delapan tim inovasi ini telah membuat perusahaan bertumbuh di tengah ketatnya persaingan industri semen saat ini," ungkap alumni Teknik Elektro Arus Kuat ITB ini.

Senior Manajer Total Productive Maintenance (TPM) PT Semen Padang Zulkarnaen menambahkan bahwa TKMPN ke-XXVII itu diikuti 2174 peserta yang teridir dai 562 tim inovasi yang berasal dari 182 perusahaan 562. Pada ajang ini, PT Semen Padang mengirim 8 tim inovasi dan semua tim mendapatkan predikat. 

Untuk predikat Platinum, diraih oleh Tim Anti Slip, Fan Team, Power Ranggers, SS Enviro, Voltra Pro, Inobelt dan Mystaco (Mystacoleucus Padangensis). Kemudian untuk Predikat Gold, diraih oleh tim Inovasi GKM Molita (Motor Listrik Tambang). "Semua tim ini dikirim ke ajang TKMPN, setelah berhasil meraih penghargaan tertinggi di ajang SPIE tahun 2022 lalu," kata Zulkarnaen.

Salah satu peserta TKMPN dari Tim SS Enviro Unit Quality Assurance PT Semen Padang bernama Rika Warni mengucapkan terima kasih kepada manajemen PT Semen Padang yang telah memberikan kesempatan kepada timnya untuk mengikuti ajang TKMPN ke-XXVII. 

Dia menyebut, kesempatan yang diberikan oleh manajemen perusahaan untuk berkompetisi di ajang TKMPN ini, tentunya akan menjadi motivasi bagi dirinya dan tim untuk terus berinovasi di PT Semen Padang, termasuk untuk memberikan yang terbaik pada ajang TKMPN tersebut. 

"Terima kasih dukungan dari manajemen Semen Padang, termasuk rekan kerja di Unit Quality Assurance yang telah mensupport kami. Mudah-mudahan, predikat yang kami raih ini dapat menambah semangat kami untuk terus berinovasi," kata Rika yang sudah berulang kali mengikuti ajang TKMPN, maupun ajang inovasi tingkat internasional.(*)
 
Top