PADANG,Lintas Media News
Memaknai Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dan Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional yang diperingati setiap 20 Desember, PT Semen Padang menggelar kegiatan donor darah dengan tema "Bukti Kesetiakawanan Solidaritas Kemanusian", Rabu (20/12/2023). 

Dibuka oleh Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang Oktoweri, kegiatan sosial itu digelar di Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang, dan kegiatan tersebut menuai antusiasme tinggi dari karyawan Semen Padang Group dan masyarakat sekitar. Bahkan, sebanyak 400 kantong darah berhasil dikumpulkan dan diserahkan ke PMI Kota Padang.  

Untuk memeriahkan suasana kegiatan donor darah, pada kesempatan itu juga digelar konser amal dengan tema Kesetiakawanan yang mengkolaborasikan kebaikan dan musik menjadi satu. Dan, pertunjukan live musik itu dibawakan  grup akustik dari masing-masing departemen di lingkungan PT Semen Padang. 

Tidak hanya itu, bahkan juga digelar kegiatan pengumpulan donasi berupa uang untuk Palestina. Hasilnya, terkumpul  sebanyak Rp 11.318.500. Selain donasi uang, juga digelar donasi pakaian bekas layak pakai sebanyak ratusan helai pakaian yang nantinya akan disumbangkan ke panti asuhan. 

Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang, Oktoweri mengatakan, jumlah 400 kantong darah yang terkumpul pada acara donor darah yang digelar pada Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dan Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional,  merupakan pencapaian yang terbanyak sepanjang PT Semen Padang menggelar donor darah. 
"Artinya, pencapaian 400 kantong darah ini menunjukkan adanya kepedulian yang tinggi dari karyawan Semen Padang Group, beserta keluarga dan juga masyarakat di lingkungan perusahaan terhadap semangat kesetiakawanan sosial,” kata Oktoweri.

Kegiatan donor darah ini, kata Oktoweri , merupakan kegiatan rutin yang digelar PT Semen Padang, dan untuk donor darah kali ini merupakan kegiatan yang ke enam digelar PT Semen Padang sepanjang tahun 2023 ini. "Artinya, ini kegiatan rutin yang kami gelar 1 kali dalam 2 bulan, atau 6 kali setahun," ujarnya.

Pada kegiatan donor darah lima kali sebelumnya, sebut Oktoweri, PT Semen Padang telah mengumpulkan sekitar 1500 kantong darah. "Nah, jika ditotalkan dalam tahun 2023 ini, maka sekitar 1900 kantong darah telah terkumpul dan disumbangkan ke PMI Kota Padang," sambung Oktoweri.

Oktoweri menyampaikan terima kasih kepada seluruh pendonor atas kesediaan menyumbangkan darahnya pada kegiatan donior darah ini. "Selain itu, kami pun juga mengapresiasi panitia dan relawan yang telah bertugas, sehingga sukses mengumpulkan 400 kantong darah pada kegiatan yang sangat mulia ini," ujarnya.

Wakil Ketua Pengurus PMI Kota Padang Zaiful Zakaria yang turut hadir pada acara donor darah tersebut, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada manajemen PT Semen Padang, termasuk kepada seluruh pendonor.

"Kami sangat berterima kasih atas kepedulian dan kontribusi Semen Padang. Secara khusus, juga kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Oktoweri selaku Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang, sekaligus Ketua Pengurus Daerah Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Sumbar," katanya.

Menurut Zaiful, kebutuhan darah di 32 rumah sakit se-Sumbar sangat tinggi, mencapai 5000 kantong per bulan. Namun, PMI masih kesulitan memenuhinya. Apalagi hingga saat ini, tidak ada ahli kesehatan yang bisa mencoba mengganti darah selain darah manusia sendiri.

"Jadi, ini membuktikan bahwa Allah Swt mewajibkan manusia untuk saling tolong-menolong. Semoga kegiatan donor darah rutin ini bisa semakin meningkatkan rasa kemanusiaan dan solidaritas semakin tertanam kuat di lingkungan PT Semen Padang," ujarnya.

Salah seorang karyawan PT Semen Padang bernama Doni Maizwar, mengaku sudah 51 kali ikut donor darah. "Alhamdulillah, ini donor darah yang ke-51, dan selama ikut donor darah saya sudah dapat piagam penghargaan dari PMI, yaitu piagam 10 kali dan 25 kali," kata karyawan dari Unit Sarana Umum ini. 

Doni juga menyampaikan bahwa dirinya sudah menjadi pendonor rutin sejak tahun 2010, dan donor darah yang dilakukan secara rutin ini sangat banyak manfaatnya. Selain untuk kesehatan, donor darah ini juga bermanfaat untuk menolong sesama," ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan karyawan PT Semen Padang lainnya bernama Hendratmo. Karyawan Unit Pengamanan ini menyampaikan bahwa dirinya dengan sukarela mendonorkan darahnya, karena alasan kemanusiaan. "Setetes darah begitu bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan darah di rumah sakit," pungkas Hendratmo.(*)
 
Top