50Kota Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bank Nagari Bantaeng Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Dukung potensi perikanan kabupaten Dharmasraya,Sutan Riska menebarkan 5000 bibit ikan




Lintasmedia news.com,Bupati Dharmasraya, Sutan Riska beberkan tingginya potensi perikanan Kabupaten Dharmasraya, pada saat didaulat melepas 5000 bibit ikan di kolam wisata ketahanan pangan Nagari Tabek, Kecamatan Timpeh, Kamis (14/12/2023).

“Potensi Perikanan di Kabupaten Dharmasraya cukup tinggi di bandingkan Kabupaten-kabupaten tetangga, karena kita didukung oleh keberadaan Irigasi Batang Hari dan Saluran Irigasi Batang Siat”, ungkap Ketua Umum Apkasi itu.

Diterangkan, Dharmasraya memiliki sumber daya air yang cukup melimpah dengan jumlah sungai sebanyak 55 buah dan panjang sungai mencapai 96 km. Diantara sungai-sungai tersebut Kabupaten Dharmasraya dialiri oleh Sungai Batang Hari yang merupakan salah satu sungai terbesar dan terpanjang di Pulau Sumatera. Potensi irigasi Sungai Batang Hari ini dapat mengaliri kolam sebanyak 1200 Ha. 

Oleh karena itu Sutan Riska mengajak warga Kabupaten Dharmasraya khusunya masyarakat Nagari Tabek untuk manfaatkan potensi ini untuk budidaya ikan untuk meningkatkan perekonomian serta meningkatkan konsumsi makan ikan dalam upaya pencegahan stunting. 

“Perikanan merupakan salah satu komoditi yang berperan penting dalam kehidupan manusia dan merupakan sumber daya alam yang sangat potensial dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi, kesempatan kerja dan kesejahteraan masyarakat,” kata Sutan Riska.

Dalam kesempatan itu Sutan Riska juga mengajak Gerakan Masyarakat Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan) untuk terus meningkatkan konsumsi ikan terutama di kalangan generasi muda. Menurutnya Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam ikan, yaitu asam lemak omega -3, sedikit lemak jenuh, protein yang tinggi, vitamin D, kalsium, dan yodium. Harga ikan juga sangat terjangkau oleh masyarakat, sehingga  kebutuhan protein dan nutrisi dalam rumah tangga juga dapat terpenuhi.

“Melalui GEMARIKAN diharapkan tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat, dan halal dengan melibatkan seluruh elemen bangsa,” terangnya.

Kepada walinagari dan masyarakat Tabek, Sutan Riska memberikan apresiasi atas lahirnya kolam wisata ketahanan pangan. “terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada Wali Nagari Tabek yang sudah mengadakan kegiatan peningkatan ketahanan pangan dari sektor perikanan ini hal ini sejalan dengan himbauan pemerintah untuk terus meningkatkan potensi ketahanan pangan kita karena keadaan ekonomi dunia sedang dalam keadaan tidak baik,” tukasnya.(elda)
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.