50Kota Aceh Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Balikpapan Bank Nagari Bantaeng Batang anai Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR Dumai FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Jeneponto Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Pauh kamba Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau samarinda Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar Tangerang TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Anggota DPRD Sumbar HM. Nurnas Datang, Nelayan Senang

PADANG PARIAMAN,Lintas Media News
Anggota komisi IV DPRD Sumbar dari fraksi Demokrat HM. Nurnas. ST, memang konsisten dengan semua janji yang telah ia sampaikan pada masyarakat ketika menjating aspirasi, untuk dijadikan pokok-pokok fikiran dalam pembahasan APBD. 

Hasil pokok-pokok fikiran tersebut direalisasikan HM. Nurnas dalam bentuk bantuan mesin tempel pada nelayan kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman, sebanyak 55 unit. 

Penyerahan mesin tempel dilakukan di Pasir Katapiang, Minggu 10 September 2023,yang dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, uang diwakli    Kepala bidang perikanan tangkap Sandi Waldi
dan Loli Putra tokoh masyarakat Bahrum Rangkayo Rajo Sampono, kelompok nelayan, tokoh agama dan pemuda, juga mewakili Camat Batang, wali nagari, kepala Desa, termasuk staf Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, kedatangannya amat ditunggu dan membuat nelayan senang. 

Adapun bantuan berasal dari pokir tersebut yakni Mesin Tempel Uk. 15 PK = 53 Unit senilai Rp. 1.484 Milyar dan Uk. 40 PK = 16 Unit senilai Rp. 880 Juta, 

1. Nagari Katapiang Mesin 15 PK = 12 Unit, dan 40 PK = 2 Unit,

2. Nagari Tiram Tapakih Mesin15 PK =13 Unit dan 40 PK = 2 Unit.

3. Nagari Sunua Mesin 15 PK = 4 Unit dan 40 PK 2 Unit.

4. Desa Taluak, Desa Marunggi, Desa Ampalu, Desa Nareh Kota Pariaman Mesin Uk. 15 PK = 24 Unit dan Uk. 40 PK 10 Unit

Yang sebelum nya telah diserahkan juga Mesin Longtai Uk. 13 PK sejumlah 34 Unit senilai Rp. 445.000 Juta, diperuntukan bagi Nelayan di Desa Nareh Kota Pariaman sejumlah 24 Unit dan untuk Nagari Lohong Kab. Padang Pariaman sejumlah 10 unit.

Jadi Total anggaran yang sudah dibagikan sebagai berikut:
1. Mesin Tempel 15 PK = 53 Unit senilai Rp. 1.484.000,-- Milyar. 
2. Mesin Tempel 40 PK = 16 Unit senilai Rp. 880.000 Juta
3. Mesin Longtail Uk. 13 PK = 34 Unit senilai Rp. 445.000, Juta,Total keseluruhan nya Rp. 2.809.000,-Milyar

Adapun yang belum diserahkan alat tangkap Gill Net, itu nantinya akan diserahkan pada masa berikutnya.

HM Nurnas memulai perhatian dan pemberian bantuan pada petani dan nelayan pada Priode ke- 2 di tahun 2019 sampai tahun 2023,selalu fokus membatu Nelayan di Kabukaten Padang Pariaman serta Kota Pariaman.

Itu dilakukan sesuai Motto HM Nurnas Peduli Petani dan Nelayan, dengan bukti mulai duduk di DPRD tahun 2009 tetap dan selalu bersama Petani dan Nelayan.

"Apa yang saya lakukan saat ini, merupakan konsistensi dari motto saya, karena memperjuangkan petani dan nelayan sebuah kebahagiaan bagi saya," tutur Nurnas. 

Dia juga menegaskan, semua bantuan yang sudah dia berikan melalui pokok-pokok fikiran, harus dirawat serta tidak boleh diperjualbelikan, sesuai dengan perjanjian yang sudah ditanda tangani. 

"Saya minta agar bapak-bapak bisa merawat ini dengan baik, jangan dipindah-tangankan dan janga dijual, karena sudah ada perjanjian, kalau sempat dijual maka konsekwensi hukum harus dilakukan, dan ketua kelompok harus bertanggung jawab," tegas Nurnas. 

Sekaitan dengan bantuan tersebut, Kepala Desa Taluak, kota Pariaman, Ismed mengatakan, sangat bahagia karena sudah lama masyarakatnya menantikan bantuan berupa mesin, dan terealisasi melalui perjuangan anggota DPRD Sumbar HM. Nurnas. 

"Kami sangat berterimakasih atas bantuan ini, dan sangat bangga dengan pak Nurnas yang memang membuktikan semua janjinya pada masyarakat," tutur Ismed.

Hal lebih tegas disampaikan Yuni Helmi sebagai wakil nekayan mengatakan, ini bukan pertama kalai HM. Nurnas memberikan bantuan mesin maupun alat tangkap, karena sebelumnya sudah melakukan hal yang sama. 

"Pak Nurnas terus memberikan bantuan pada nelayan, karena selama ini kami tidak menyangka kalau anggota DPRD sangat perlu, kalau tidak ada bantuan pak Nurnas kabupaten sendiri tidak bisa melakukan, maka jangan lupa dengan perjuangan beliau, agar perjuangan terus berlanjut dan berbuat secara konsisten,"tegas Yuni Helmi. 

Dia juga mendoakan agar HM. Nurnas panjang umur dan kembali duduk sebagai anggota DPRD Sumbar, karena sangat dibutuhkan masyarakat.

Bahkan lebih dipertegas, Pucuk Adat Ketaping Bahrum Rangkayo Rajo sampono, mengatakan HM. Nurnas adalah seorang cadiak-pandai Padang Pariaman, khususnya Ketaping, tempat bertukar fikiran maka perlu dipertahankan untuk tetap sebagai anggota DPRD Sumbar, dengan cara memilihnya pada pemilu mendatang, sehingga perjuangan terhadap petani dan nelayan tetap berlanjut. 

Rangkayo Rajo Sampono juga mengingatkan agar kelompok nelayan tetap menjaga bantuan, karena ini merupakan bantuan dari anggota DPRD Sumbar, maka jangan berhianat untuk tetap berada pada pejuang, dan harus tau balas budi, jika tidak maka kaateh indak bapucuak, ka bawah indak bahkan, ditangah digirik kumbang,"tegasnya.

Pembagian bantuan mesin tempel didahului dengan pendataan dan perjanjian nelayan dengan pemerintah oleh ketua kelompok, diterpa angin sepoi-sepoi berjalan lancar, tanpa kendala, para nelayan pulang dengan senyum merekah di bibir mereka. (****)
Labels:
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.