50Kota Aceh Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Balikpapan Bank Nagari Bantaeng Batam Batang anai Bateang Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR Dumai FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Jeneponto Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk alung Lubuk Linggau Mentawai Meranti Merbau Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Ombilin Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Pagaralam Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Pauh kamba Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau samarinda Sawahlunto Selat panjang Semarang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sulawesi selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar Tangerang TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib Ikuti FGD Bersama Gubernur




Padang,Lintas Media News
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD)  Sumatera Barat (Sumbar) Suwirpen Suib menghadiri Focus Group Discussion  (FGD) bersama Gubernur Sumbar dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Rabu (9/8) di Istana Gubernuran.

0FGD tersebut merupakan upaya mencari solusi untuk persoalan yang dihadapi masyarakat nagari Air Bangis yang berdemo baru-baru ini.

“Kita berharap unsur terkait agar bisa memperjelas peta hutan produksi yang tidak bisa diharap masyarakat, sehingga jelas mana yang bisa dimanfaatkan mana yang tidak,” kata Suwirpen.

Suwirpen mengatakan, terkait hutan produksi sosialisasinya harus lebih maksimal, sehingga masyarakat mengetahui. Ketika sudah terlanjur digarap dan masyarakat tidak mengetahui status lahan, maka akan jadi persoalan dikemudian hari.

“Semoga persoalan yang dihadapi masyarakat nagari Air Bangis khususnya Jorong Pigogah Patibubur, bisa mendapatkan solusi strategis dari unsur pemerintah pusat, provinsi hingga kabupaten,” jelas Suwirpen.

Menurut Suwirpen,pendataan hutan produksi harus disegerakan, sehingga persoalan yang sama tidak terjadi lagi dikemudian hari. Secara pribadi, pihaknya tidak ingin lagi ada konflik-konflik agraria di tengah masyarakat. Inginnya berdamai-damai saja.

“Jadi pertemuan ini adalah tindak lanjut dari pertemuan pemerintah provinsi dan Polda Sumbar di Kabupaten Pasaman Barat, kali ini juga dihadiri oleh Komnas HAM,” katanya.

Sebelumnya, pertemuan itu menghasilkan kesepakatan yang diantaranya semua stakeholder sepakat bahwa penyelesaian agraria di Air Bangis dilakukan secara dialogis. WALHI beserta Dinas Kehutanan Sumbar akan melakukan inventarisasi dan verifikasi data, peta, plotting masyarakat yang berladang dan berkebun dalam Kawasan Hutan produksi di Nagari Air Bangis

Sebelumnya Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) daerah pemilihan (Dapil) Pasaman dan Pasaman Barat Muzli M Nur, mendesak gubernur segera memberikan solusi strategis untuk persoalan yang dihadapi masyarakat Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar).

Jika tidak, hal tersebut akan terus menjadi persoalan dari waktu ke waktu, sehingga mengganggu kelangsungan hidup masyarakat di daerah itu.

“Kita minta gubernur mampu menjembatani pihak perusahaan yang berinvestasi pada program Proyek Strategis Nasional (PSN) di Kabupaten Pasaman Barat yang luasnya mencapai 30.162 di Nagari Air Bangis dengan masyarakat untuk mendapatkan kesepakatan yang bisa diterima oleh kedua pihak (win-win solution-red),” kata Muzli.

Dikatakan Muzli, gubernur merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, maka dari itu harus bisa melancarkan Investasi besar tanpa mengesampingkan kepentingan masyarakat. Persoalan yang dihadapi masyarakat Air Bangis memang tidak mudah, karena mereka telah menggarap lahan telah lama dan menjadi sumber ekonomi, sekarang mau tidak mau harus kembali ke aturan yang berlaku.

“Jadi harus ada solusi strategis untuk mereka dengan mengakomodir kepentingan kedua pihak,” tambahnya.

Sebagai dewan perwakilan dari Pasaman dan Pasaman Barat, dirinya juga siap untuk menjembatani persoalan yang di hadapi masyarakat Air Bangis dengan Pemprov hingga unsur terkait lainnya.Jelasnya

Tampak di pertemuan itu Kapolda Sumbar, Kajati Sumbar, Danrem 032 Wirabraja, Danlantamal II Padang, Danlanud Sutan Sjahrir, Kabinda Sumbar, Ketua Pengadilan Tinggi Padang, Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar. (*/st)

Labels:
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.