50Kota Aceh Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Balikpapan Bank Nagari Bantaeng Batam Batang anai Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR Dumai FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Jeneponto Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Merbau Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Pagaralam Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Pauh kamba Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau samarinda Sawahlunto Selat panjang Semarang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar Tangerang TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

BNPT dan FKPT Sumbar Gelar Camping Keberagaman Guru di Anai Resort





Wakil Bupati Padang Pariaman, Rahmang, Ketua FKPT Sumbar, Adil Mubarak, bersama pengurus BNPT dan FKPT.

Padang Pariaman, Juli.. 
Radikalisme yang menjadi biang dari terorisme diyakini dapat diredam apabila dilakukan sejak dini. Mencegah radikalisme jauh lebih efektif dibanding dengan menanggulangi redikalisme. 

“Mencegah radikalisme sejak dini itu lebih pas dimulai dari bangku sekolah. Karena itu guru sangat berperan penting menjadi agen deradikalisasi, tentu saja guru harus lebih paham dulu tentang radikalisme dan bahayanya,” kata Wakil Bupati Padang Pariaman, Rahmang ketika membuka acara Camping Keberagaman yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sumatera Barat, di bumi perkemahan Dempo Anailand, Kecamatan 2 X 11 Kayutanam, Rabu (2/8/2023) petang. 

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Padang Pariaman itu mengajak para guru yang menjadi peserta Camping Keberagaman mau meluangkan waktu 5 menit pada bagian pertama jam pelajaran dan 5 menit menjelang akhir jam pelajaran untuk digunakan sebagai slot pemberian motivasi kepada peserta didik. “Gunakanlah 10 menit itu untuk menyampaikan pesan-pesan harmonisasi, pesan kebaikan, pesan kemanusiaan dan seterusnya. 

Jangan langsung ke pokok bahasan. Misalnya guru matematika jangan langsung ke bahasan integral-diferensial tapi gunakan sejenak untuk menyapa anak didik dan memberi pemahaman-pemahaman tentang harmoni kehidupan, tentang toleransi, tentang kebinekaan, tentang kemanusiaan dan sebagainya. Itu jauh lebih efektif untuk membangun kesadaran melawan radikalisme dalam rangka mencegah terorisme,” kata Rahmang. 

Acara yang digelar oleh FKPT-BNPT itu adalah kegiatan bidang agama dalam FKPT. Acara rutin tahunan FKPT-BNPT itu kali ini ditujukan untuk guru-guru lintas bidang studi dan lintas agama. "Peserta terdiri dari 60 (enam puluh) orang guru berbagai bidang studi dan tingkatan serta berbagai agama, dengan tema yang kita ambil sekarang adalah ‘Berkolaborasi untuk Damai Beragama di Sekolah’ diikuti oleh para guru di Kabupaten Pariaman dan sebagian lagi dari Padang Panjang,” kata Ketua FKPT Sumatera Barat, Dr. Adil Mubarak dalam sambutanya. 

Wakil Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Rahmang.

Adil mengatakan bahwa kegiatan Bidang Agama FKPT Sumbar ini merupakan kegiatan ketiga dalam tahun 2023 ini di Sumatera Barat. Yang sudah dilaksanakan sebelum ini adalah Bidang Pendidikan serta Bidang Pemuda. “Insya Allah masih ada dua kegiatan lagi dalam rangka mencegah radikalisme di Sumatera Barat yakni bidang Media yang akan dilaksanakan pada September mendatang serta ditutup dengan kegiatan Bidang Penelitian untuk mengukur Indeks Radikalisme dan Terorisme di semua provinsi, termasuk di Sumatera Barat. 

Sementara Ketua Bidang Agama, FKPT Sumbar Dr. H. Rahmat Tuanku Sulaiman mengatakan bahwa kegiatan Camping Keberagaman ini menghadirkan narasumber dari BNPT dan Kementerian Agama RI serta narasumber dari Sumatera Barat. “Dari BNPT pematerinya adalah Teuku Fauzansyah dan dari Kementerian Agama adalah Dr. Anis Masykur, sedangkan dari Sumatera Barat akan tampil jadi pemateri akademisi UIN Imam Bonjol, Dr. Zaim Rais yang juga mantan Ketua FKPT Sumbar,” ujar Tuanku Sulaiman. 

Para peserta mengikuti juga workshop membuat konten video bertema keberagaman dan akan memperebutkan hadiah total Rp5 juta. Hadiahnya diserahkan dalam acara api unggun Rabu malam sebagai penutup kegiatan. (Rilis/BNPT)

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.