50Kota Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Bank Nagari Bantaeng Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Program Nabuang Sarok Meriahkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia


PADANG,Lintas Media News
Sebagai perusahaan semen yang peduli terhadap lingkungan, PT Semen Padang turut berpartisipasi aktif dalam menyukseskan kegiatan Fun Walk Aksi Bersih Pantai dan Danau Cimpago yang digelar Pemprov Sumbar dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023, Senin (19/6/2023) pagi.

Diikuti seluruh OPD di lingkungan Pemrov Sumbar, kegiatan tersebut juga turut dimeriahkan sejumlah perusahaan yang terdiri dari PLN UP3 Padang, PT Pertamina Patra Niaga, PT Tirta Investama Niaga dan WILMAR Nabati. Bahkan, ratusan siswa SMA di Kota Padang juga turut meramaikan jalannya Fun Walk yang dibuka oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah.

Kegiatan Fun Walk tersebut, turut dihadiri Wakil Walikota Padang, Ekos Albar, sejumlah Kepala OPD Pemprov Sumbar dan Pemko Padang, serta perwakilan perusahaan yang turut menyukseskan kegiatan tersebut. Kemudian dari PT Semen Padang, hadir Kepala Departemen Perencanaan & Pengendalian Produksi PT Semen Padang, Juke Ismara, didampingi sejumlah staf.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah dalam sambutannya mengarpresiasi PT Semen Padang dan sejumlah perusahaan yang turut berpartisipasi aktif dalam mendukung Fun Walk, atau jalan sehat sambil membersihkan Pantai Padang dan Danau Cimpago. Apalagi, pada kegiatan ini PT Semen Padang juga menyediakan berbagai reward menarik dari program Nabuang Sarok. 
"Saya mengucapkan terima kasih kepada Semen Padang yang telah mensinergikan program Nabuang Sarok berbasis aplikasi dengan kegiatan Fun Walk berupa bersih-bersih Pantai Padang dan Danau Cimpago dari sampah. Begitu juga dengan perusahaan-perusahaan lainnya yang turut menyukseskan kegiatan Fun Walk ini," kata Mahyeldi. 

Menurut Mahyeldi, dilibatkannya program Nabuang Sarok PT Semen Padang dalam kegiatan Fun Walk bersih-bersih Pantai Padang dan Danau Cimpago ini, tentunya merupakan salah satu solusi untuk mengurangi penumpukan sampah di TPA sampah. Karena, Nabuang Sarok ini secara tidak langsung dapat mendorong masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah.

"Jadi, program Nabuang Sarok ini sangat menarik sekali. Dimana, sampah di Pantai Padang dan di Danau Cimpago yang dikumpulkan peserta Fun Walk ini, dipilah dan diserahkan ke Nabuang Sarok. Kemudian, peserta mendapatkan poin dari sampah yang telah diserahkan untuk ditukar menjadi poin. Nah, poin itu kemudian bisa ditukar dengan reward yang disediakan di aplikasi Nabuang Sarok," katanya.

Terkait kegiatan Fun Walk ini, Mahyeldi menyampaikan bahwa kegiatan ini rutin digelar Pemprov Sumbar dalam rangka menciptakan kebersihan di Kota Padang dan Sumbar pada umumnya. Bahkan dua pekan lalu, Pemprov Sumbar bersama sejumlah instansi lainnya, melakukan goro pembersihan jalan Fly Over menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM) yang merupakan etalase pariwisata Provinsi Sumbar.

"Membersihkan sampah merupakan kewajiban kita bersama. Bahkan sampah plastik, kita diwajibkan untuk mengurangi jumlahnya setiap tahun. Karena, sampah plastik selalu menjadi masalah utama dalam pencemaran lingkungan, baik pencemaran tanah maupun laut. Bahkan sampah plastik merupakan bagian yang ditemukan di perut ikan yang ditangkap nelayan," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Departemen Perencanaan & Pengendalian Produksi PT Semen Padang, Juke Ismara yang hadir mewakili manajemen PT Semen Padang menyampaikan bahwa pada Fun Walk ini, pihaknya menyediakan reward bagi bagi masyarakat atau peserta Fun Walk yang mengumpulkan sampah dengan cara dipilah dan kemudian diserahkan ke Nabuang Sarok. 

"Reward tersebut diberikan berdasarkan poin yang dikumpulkan oleh peserta. Banyak reward yang kami sediakan di aplikasi Nabuang Sarok. Di antaranya, seterika, dispenser, kompor gas, microwave, jilbab, tumbler, payung, peralatan tulis dan lain sebagainya. Berbagai reward ini kami berikan berdasarkan jumlah poin yang terkumpul oleh peserta Fun Walk. Kalau poinnya banyak, maka semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan reward yang lebih besar," katanya. 

Juke Ismara juga mengatakan bahwa program Nabuang Sarok ini diluncurkan oleh PT Semen Padang pada HUT ke-64 Pengambilalihan pabrik pada tanggal 5 Juli 1958 dari Tangan Belanda. Program berbasis aplikasi ini bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam mengurangi sampah menuju ke TPA sampah dengan cara memilah sampah dari sumbernya.

"Alhamdulillah sejak diluncurkan tahun lalu, program Nabuang Sarok ini telah dimanfaatkan banyak masyarakat, termasuk berbagai instansi. Bahkan, Kementerian Kelautan dan Perikanan juga memanfaatkan program Nabuang Sarok ini untuk membersihkan laut dari sampah plastik," kata Juke di sela-sela kegiatan Fun Walk yang dipusatkan di Pantai Purus tersebut.

Kemudian bagi PT Semen Padang, tambahnya, sampah yang disetor ke Nabuang Sarok akan dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk mensubstitusi batubara yang merupakan bahan bakar utama dalam proses produksi semen. "Jadi, sampah terpilah yang diserahkan ke Nabuang Sarok ini akan kami manfaatkan untuk dijadikan sebagai bahan bakar dalam memproduksi semen," katanya.(*)
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.