50Kota Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bank Nagari Bantaeng BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan

Wako Padang Panjang Warning OPD Yang Belum Maksimalkan Serapan Anggaran

Pdg. Panjang, Lintas Media News

Jelang, tutup anggaran Tahun 2020, yang tinggal hitungan hari. Walikota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memaksimalkan realisasi penyerapan anggaran APBD tahun 2020.

"Masing-masing dinas, mohon periksa terkait realisasi anggaran tahun 2020 ini. Saya lihat, masih ada  beberapa (OPD-red) penyerapan anggaranya, belum maksimal terealisasikan sebagai mestinya. Secepatnya, tolong menjadi perhatian bagi OPD yang masih keteteran dalam merealisasikan anggaran, baik yang berupa kehiatan. Maupunanggaran berbasis kesejahteraan masyarakat banyak. Hal ditegaskan Sang Walikota dalam Rapat Evaluasi Kinerja dihadapan para  lingkup pemerintah kita Padang Panjang, Jumat, 27/112020.

Lebih lanjut,  Fadly menekankan, kepada OPD yang belum tercapai target pencairan anggaran, agar dapat dievaluasi oleh tim evaluator. Untuk itu, walikota meminta  Inspektorat untuk mengevaluasi kembali OPD  yang telah merealisasikan anggaran dan OPD yang belum mencapai target dalam merealisasikan anggaran yang telah di plot untuk sebuah kegiatan.

"Kalau memang ada, kegiatan atau program yang memang ingin direvisi bisa disampaikan langsung ke walikota. Artinya,OPD tidak usah takut untuk melaporkan kendala yang dihadapi selama mengelola anggaran di masing masing OPD.

Jika tidak diaudit, tentu kita tidak tahu sejauh mana anggaran itu dipergunakan selama ini. Kendala dan hambatan apa yang dialami.masing masing OPD, tentu yidal terpantau bila pengauditan tidak pernah dilakukan,ujar Fadly Amran.

Sementara itu, Wakil Walikota Asrul   menambahkan,  saat ini sudah memasuki triwulan 4 tahun 2020. Semestinya saat ini sudah terealisasikan seluruh target yang telah ditetapkan. Tahun tutup buku Anggaran APBD 2020 telah memasuki masa masa akhir. Sejatinya, tidak ada lagi OPD mengatakan kegiatanya belum selesai.

“Mudah-mudahan pada akhir bulan November ini, sudah tercapai target. Dan bagi OPD yang tidak mencapai target akan diberi teguran,” ujar Asrul.

Dalam rekapitulasi laporan pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020 terhadap capaian fisik dan keuangan di bulan Oktober, masih ada sebanyak tujuh OPD yang perlu mengejar realisasinya. 

Dan untuk total keseluruhan rekapitulasi laporan pelaksanaan APBD Kota Padang Panjang tahun 2020 terhadap capaian fisik berada minus di angka 0,01% dan capaian keuangan minus sebesar 11,53%.

Sementara itu, untuk evaluasi di bidang pendapatan, belanja dan juga aset, realisasi pendapatan di bulan Oktober itu sudah lumayan cukup tinggi. Untuk pajak daerah sudah mencapai 92,53%. Retribusi daerah sudah 85.08%. Sedangkan untuk belanja baru terealisasi sebesar 64,47%. Dan untuk laporan aset yang telah yang disampaikan  OPD, semuanya lengkap dan tepat waktu.
(maison pisano)
Labels:
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.