50Kota Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bank Nagari Bantaeng BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan

Untuk Keterbukaan Publik,BAWASLU Lakukan Sosialisasi




PADANG.Lintas Media News.
Sebagai lembaga yang mengawasi proses penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar, melakukan Sosialisasi pelayanan data dan informasi publik, Sabtu (21/11/2020), disebuah hotel di kota Padang.

Adapun guna dari sosialisasi tersebut, untuk meningkatkan keterbukaan informasi publik, dalam pengawasan penyelengaraan pemilih kepala daerah serentak tahun 2020, sehingga tidak yang tertutup dalam semua proses, sehingga semua berjalan baik sesuai keinginan masyarakat.

Sosialisasi keterbukaan informasi tersebut diikuti berbagai organisasi diantara Bedan Eksekutif Mahasiswa dan Dewan Perwakilan Mahasiswa Perguruan Tinggi negri dan swasta di kota Padang.

Ketua Panita Roza Malina mengatakan, acara sosialisasi dilaksanakan agar publik tau fungsi tuga Bawaslu, dan mendorong komisi informasi dalam transparansi untuk masyarakat.

Sekaitan dengan laporan ketua penyelenggara, Seretaris Bawaslu Sumbar Karnalis Kamaruddin lebih menegaskan, lembaga ini sudah melakukan keterbukaan sejaka lama, dengan pembentukan PPID melalui keputusan ketua Bawaslu Sumbar nomor 001.A/H.BAWASLU-Prov/HM 00/2017.
"Sebagai atasan PPID Bawaslu Sumbar, saya sudah menyelenggarakan keterbukaan sesuai dengan arahan ketua dan kordiv Badan Pengawas Pemilu, dengan melakukan pembuatan website, serta menyediakan ruang PPID dikantor Bawaslu Sumbar," ulas Karnaslis.

Untuk kabupaten dan kota Bawaslu juga akan mengembangkan website, dengan tiga langkah yakni, jangka pendek,menengah dan panjang, sehingga pada tahun 2021 semua sudah memiliki website,tambah Karnalis.

Pada kesempatan tersebut Ketua Bawaslu Surya Efitrimen diwakili kordinator divisi hukum,humas, datin, Nurhaida Yetti, mengatakan akan terus mendukung sekretariat melalui kordinator sekretariat (Korsek) yakni Seretaris untuk mengembangkan keterbukaan dilembaga pengawasan ini.

Keterbukaan informasi juga berguna untuk menjadikan pesta demokrasi berjalan baik, sehingga perlu adanya masukan, dengan memberikan pengenalan kegiatan Bawaslu.

Selain itu, Bawaslu juga melakukan Bintek sampai pada tingkatan terendah, yang semuanya untuk pelaksanaan tugas lebih baik, dan mempergunakan kalimat yang mudah dalam memberikan informasi.

"Kami minta agar adek-adek mahasiswa dan siapa saja bisa juga mengawasi kinerja kami dilapangan, untuk selanjutnya jika ada penyimpangan bisa dilaporkan pada kami, sehingga bisa ditindak lanjuti," tutur Nurhaida Yetti.

Ditambahkan Nurhaida, tanda-tanda kesiapan Bawaslu Sumbar terhadap keterbukaan, dengan menyiapkan ruang representatif, computer dengan semua data yang diinginkan, serta tenaga tehnis berpengalaman.

Dalam sosialisasi dihadirkan juga narasumber Ketua Komisi Informasi Sumatera Barat Nofal Wiska dan narasumber internal Bawaslu Nurhaida Yetti dan petugas PPID Bawaslu.

Dalam kesempatan tersebut ketua KI Provinsi Sumatera Barat Nofal Wiska mengatakan, pemberi informasi jangan hanya sekedar sampai, tapi berikanlah yang berkualitas, sehingga masyarakat menjadi lebih paham.

Selain itu, perlu juga melihat situasi kepada siapa informasi diberikan, bisa saja mempergunakan bahasa daerah, atau bahasa lainnya yang dapat dipahami, juga bisa mempergunakan gambar  serta lainnya.

Alangkah lebih baik lagi, jika informasi diberikan dalam bentuk hal-hal menarik, sehingga masyarakat cendrung menyukai akan selalu  membuka website tersebut.

"Manjakan masyarakat dengan memberi informasi yang simple dan menarik, tidak kaku serta mudah dicerna, sehingga informasi yang diberikan secara langsung atau melalui  website akan selalu diminati dan penerima pesan akan tetap memahami," ulas Nofal.

Nofal juga menegaskan, sebaiknya memberikan informasi yang update, sehingga tidak menimbulkan kejenuhan masyarakat, jangan diminta terlebih dahulu baru diberikan.

'Pemberi informasi sebaiknya aktif jangan pasif, sehingga selalu update, seharusnya gak perlu diminta dahulu baru diberikan, itu namanya hanya sekedar memenuhi tanggung jawab, apalagi berkaitan informasi serta-merta dimana berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, karena bisa dipidana," tegas Nofal.

Pemaparan ketua KI Sumbar Nofal Wiska juga didukung penuh Bawaslu Sumbar, dengan tanggapan cepat kordiv  Nurhaida Yetti, mengatakan semua akan dilaksanakan, sehingga minat semua komponen masyarakat untuk memberi masukan pada Bawaslu semakin tinggi.

"Ini merupakan acara sangat bermanfaat, karena ada beberapa inovasi yang segera kita lakukan, seperti memberikan informasi dengan karikatur atau video dan hal-hal menarik lainnya," tutur Nurhaida.

Diskusi berjalan hangat, Anatara narasumber dan peserta saling berkomunikasi dengan baik, sehingga lebih tampak menyatu.(rls/st)
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.