Padang,Lintas Media News
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Suwirpen Suib mengajak seluruh perantau khususnya perantau Batu Banyak untuk lebih berkontribusi membangun daerah asal.

Ajakan itu disampaikan Suwirpen saat menghadiri halal bi halal keluarga besar Batu Banyak Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok Rabu (17/5/2023) di Gedung Rohana Kudus Kota Padang.

Menurut Suwirpen,Nagari Batu Banyak merupakan daerah yang memiliki banyak potensi, baik secara Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM), kontribusi para perantau sangat penting agar kelebihan yang dimiliki bisa dimaksimalkan untuk pembangunan daerah.

"Saya yang juga Putra Batu Banyak tersebut, secara Sumber Daya Alam (SDA) Batu Banyak merupakan wilayah pertanian, mayoritas penduduk bekerja mengelola hasil alam untuk dijadikan sumber ekonomi", kata Suwirpen. 

Untuk itu,Suwirpen berharap,sentuhan para perantau akan sangat bermanfaat agar pertanian menjadi sumber kesejahteraan, sehingga berdampak terhadap lahirnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih berkualitas. 

Tidak kalah pentingnya, Batu Banyak harus memiliki perwakilan di parlemen baik di tingkat kabupaten, provinsi hingga pusat,agar bantuan-bantuan melalui anggaran pemerintah bisa direalisasikan untuk pembangunan Batu Banyak dari seluruh sektor.Kata Suwirpen.

Pada kesempatan itu Suwirpen 
berpesan,untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik, prioritaskan pendidikan anak meskipun dan ekonomi sulit, pendidikan sangat penting demi melahirkan SDM yang lebih berkualitas. 

Tidak dipungkiri,kata Suwirpen.Hingga kini, perantau Batu Banyak telah banyak berkiprah di berbagai bidang, ada yang menjadi dokter spesialis, pejabat pemerintah, personel TNI Polri, hingga anggota legislatif. 

Pada kesempatan tersebut, Suwirpen yang merupakan Wakil Ketua DPRD Sumbar mendapatkan penghargaan dari perwakilan kelompok tani nagari Batu Banyak atas dedikasi memberikan perhatian terhadap sektor pertanian, kedepan pihaknya akan  mengusahakan bantuan ternak sapi untuk satu per satu kelompok tani.

Halal bi halal keluarga besar Batu Banyak tersebut juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, yang mengatakan, untuk lebih merasakan pembangunan yang berkualitas Wali Nagari Batu Banyak jangan segan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi, Kabupaten Solok merupakan bagian dari Sumbar dan harus merasakan sentuhan pembangunan pemerintah provinsi, baik itu infrastruktur pengembangan potensi alam dan yang lainnya. 

"Jika tidak ada koordinasi yang baik, biar pemerintah provinsi saja yang jemput bola datang ke Kabupaten Solok untuk memberikan hal yang bermasalah untuk masyarakat," katanya

Audy juga mengatakan, pemerintah provinsi siap untuk berkolaborasi untuk membangun nagari Batu Banyak, mulai dari gubernur wakil gubernur hingga wakil ketua dprd, apapun yang bisa dioptimalkan meliputi kebutuhan masyarakat akan diupayakan. 

Dan putra Batu Banyak  Suwirpen Suib agar bisa melanjutkan perjuangan untuk masyarakat Batu Banyak ke tingkat yang lebih tinggi, Suwirpen baginya adalah sosok wakil Ketua DPRD Sumbar yang mudah senyum dan memperjuangkan daerahnya dengan bersahaja.Ucap Audy.

Sementara itu Ketua Pelaksana Irawan Darwis mengatakan, masyarakat Batu Banyak, sesuai namanya banyak tersebar di berbagai daerah, halal bi halal di Kota Padang saja yang datang lebih dari kapasitas.  

Terakhir halal bi halal keluarga besar Batu Banyak dilaksanakan pada 2002 namun sekarang baru bisa terjadi lagi. Undangan yang disebar sebanyak 350 orang, namun yang datang mencapai 500 orang lebih.Tutupnya.(St/rel)


 
 
Top