50Kota Advertorial DPRD Kab. Banyuasin Advertorial DPRD Lahat Advertorial HUT ke-153 Kabupaten Lahat Advertorial Meranti Advertorial Pemkab Lahat Advertorial Pemkab Musi Rawas Advertorial Pemko Lubuklinggau Advertorial Pemko Pagar Alam Agam AROSUKA Bali Bank Nagari Bantaeng Batang anai Batusangkar BAWASLU SUMBAR Bengkalis BENGKULU BI Sumbar Bogor Bukittinggi Dewan Pers Dharmasraya DPRD Bengkalis DPRD Dharmasraya DPRD Kepulauan Meranti DPRD Kota Padang DPRD OKI DPRD Padang DPRD Padang Panjang DPRD Pessel DPRD RI DPRD Solok DPRD SUMBAR FJPI Sumbar HPN 2022 Jakarta Jawa Barat Kab.Dharmasraya Kabupaten Dharmasraya Kabupaten Kepulauan Meranti Kabupaten Lahat Kabupaten Solok KADIN SUMBAR kambang Kayu Agung Kepulauan Meranti Kota Padaang Kota Padang Kota Pagar Alam Kota Pariaman Kota Solok Kotapariaman KPU KPU Sumbar Lampung Lampung Timur lanud Sut Lanud Sud Lanud Sultan Sahrir Lanud Sultan Syahrir Lanud Sultan Syahrir Padang Lanud Sultan Syarir Lanud Sur lanud Sut Limapuluh Kota Liputan Lubuk Linggau Mentawai Meranti Miranti Muba Banyuasin Muratara Musi Rawas Nagari Lurah Ampalu Nasdem Sumbar Nasional Ogan Ilir Ogan Komering Ilir (OKI) OKI Opini Padang Padang Panjang Padang Pariaman Padangpanjang Painan Pariaman Parit malintang PARIWARA Pariwara DPRD Padang Panjang Pariwara Pemkab Solok PARIWARA PT Semen Padang Pasaman Pasaman - Pasaman Barat Pasaman Barat Pasbar Payakumbuh PDAM Padang Panjang Pekanbaru Pemkab Bengkalis Pemkab Lahat Pemkab Solok Pemko Padang Pemko Sawahlunto Pemko Solok Pemprov Sumbar Pemrov Sumbar Penas XVI KTNA Pertamina Pesisir Selatan Pessel PLN PMI Sumbar Polda Bali Polda Sumbar Polri Provinsi Bengkulu PT.ITA PT.Semen Padang PWI PWI Sumbar Redaksi Redaksi 2 Riau Sawahlunto Selat panjang Semen Padang Semen Padang.. Sijunjung SMSI Solok Solok Selatan Sumatera Barat Sumbar Sumsel sungai sarik TANAH DATAR Tanahdatar TSR III Pemkab Dharmasraya Tua Pejat Tulisan walikota solok

Suwirpen Ajak: Perantau Lebih Berkontribusi Membangun Daerah Asal.


Padang,Lintas Media News
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Suwirpen Suib mengajak seluruh perantau khususnya perantau Batu Banyak untuk lebih berkontribusi membangun daerah asal.

Ajakan itu disampaikan Suwirpen saat menghadiri halal bi halal keluarga besar Batu Banyak Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok Rabu (17/5/2023) di Gedung Rohana Kudus Kota Padang.

Menurut Suwirpen,Nagari Batu Banyak merupakan daerah yang memiliki banyak potensi, baik secara Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM), kontribusi para perantau sangat penting agar kelebihan yang dimiliki bisa dimaksimalkan untuk pembangunan daerah.

"Saya yang juga Putra Batu Banyak tersebut, secara Sumber Daya Alam (SDA) Batu Banyak merupakan wilayah pertanian, mayoritas penduduk bekerja mengelola hasil alam untuk dijadikan sumber ekonomi", kata Suwirpen. 

Untuk itu,Suwirpen berharap,sentuhan para perantau akan sangat bermanfaat agar pertanian menjadi sumber kesejahteraan, sehingga berdampak terhadap lahirnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih berkualitas. 

Tidak kalah pentingnya, Batu Banyak harus memiliki perwakilan di parlemen baik di tingkat kabupaten, provinsi hingga pusat,agar bantuan-bantuan melalui anggaran pemerintah bisa direalisasikan untuk pembangunan Batu Banyak dari seluruh sektor.Kata Suwirpen.

Pada kesempatan itu Suwirpen 
berpesan,untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik, prioritaskan pendidikan anak meskipun dan ekonomi sulit, pendidikan sangat penting demi melahirkan SDM yang lebih berkualitas. 

Tidak dipungkiri,kata Suwirpen.Hingga kini, perantau Batu Banyak telah banyak berkiprah di berbagai bidang, ada yang menjadi dokter spesialis, pejabat pemerintah, personel TNI Polri, hingga anggota legislatif. 

Pada kesempatan tersebut, Suwirpen yang merupakan Wakil Ketua DPRD Sumbar mendapatkan penghargaan dari perwakilan kelompok tani nagari Batu Banyak atas dedikasi memberikan perhatian terhadap sektor pertanian, kedepan pihaknya akan  mengusahakan bantuan ternak sapi untuk satu per satu kelompok tani.

Halal bi halal keluarga besar Batu Banyak tersebut juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, yang mengatakan, untuk lebih merasakan pembangunan yang berkualitas Wali Nagari Batu Banyak jangan segan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi, Kabupaten Solok merupakan bagian dari Sumbar dan harus merasakan sentuhan pembangunan pemerintah provinsi, baik itu infrastruktur pengembangan potensi alam dan yang lainnya. 

"Jika tidak ada koordinasi yang baik, biar pemerintah provinsi saja yang jemput bola datang ke Kabupaten Solok untuk memberikan hal yang bermasalah untuk masyarakat," katanya

Audy juga mengatakan, pemerintah provinsi siap untuk berkolaborasi untuk membangun nagari Batu Banyak, mulai dari gubernur wakil gubernur hingga wakil ketua dprd, apapun yang bisa dioptimalkan meliputi kebutuhan masyarakat akan diupayakan. 

Dan putra Batu Banyak  Suwirpen Suib agar bisa melanjutkan perjuangan untuk masyarakat Batu Banyak ke tingkat yang lebih tinggi, Suwirpen baginya adalah sosok wakil Ketua DPRD Sumbar yang mudah senyum dan memperjuangkan daerahnya dengan bersahaja.Ucap Audy.

Sementara itu Ketua Pelaksana Irawan Darwis mengatakan, masyarakat Batu Banyak, sesuai namanya banyak tersebar di berbagai daerah, halal bi halal di Kota Padang saja yang datang lebih dari kapasitas.  

Terakhir halal bi halal keluarga besar Batu Banyak dilaksanakan pada 2002 namun sekarang baru bisa terjadi lagi. Undangan yang disebar sebanyak 350 orang, namun yang datang mencapai 500 orang lebih.Tutupnya.(St/rel)


 
Labels:
[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.