Padang,Lintas Media News
Komandan Lanud Sutan Sjahrir Kolonel Nav Saeful Rakhmat, diwakili oleh Komandan Satuan Pertahanan Pangkalan Lanud Sutan Sjahrir Mayor Kes Suharno menggelar simulasi latihan teknik pertolongan di permukaan air (Water Rescue) bertempat di sungai Muara Batang Kabung Ganting, Padang. Rabu (31/5/2023).

Kegiatan Pelatihan water rescue tersebut bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan personel Lanud Sut dalam melaksanakan SAR atau penyelamatan dan pencarian korban, apabila terjadi musibah orang tenggelam dan bencana alam. Dalam mendukung tugas operasi perlu dibekali latihan SAR pertolongan agar anggota mampu melaksanakan tugas-tugas sesuai prosedur yang ada.
Komandan Satuan Pertahanan Pangkalan (Dansathanlan), Lanud Sut Mayor Kes Suharno, mengatakan bahwa potensi kerawanan musibah hampir sama di setiap provinsi, sehingga menjadi atensi bagi kita serta menjadi tujuan utama ketika terjadi musibah di sungai atau laut, diperlukan kecepatan dan respon Tim SAR Lanud Sut.

kegiatan simulasi tersebut, dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan peserta tentang pertolongan di permukaan air atau dikenal dengan Water rescue. Sehingga potensi pencarian dan pertolongan ini dapat membantu Basarnas daerah dalam melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan secara cepat, tepat, aman, terpadu dan terkoordinir.

Untuk mewujudkan hasil yang optimal, latihan ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, penuh semangat serta patuhilah semua prosedur yang berlaku dengan mengutamakan faktor keselamatan, keamanan latihan dan tetap menjaga kesehatan.

Di kesempatan itu juga Perwira Seksi Operasi Satuan Pertahanan Pangkalan ( Pasiops sathan) Lanud Sut Kapten Lek Yunadi mengatakan, Latihan SAR ini merupakan pelaksanaan program Kerja triwulan II T.A. 2023.

Adapun materi yang diberikan dalam latihan water rescue ini antara lain meliputi manajemen teknik dasar penyelamatan, teknik Pertolongan Korban diatas permukaan air menggunakan Boat LCR dan teknik menolong serta mengevakuasi Korban di air sesuai program latihan yang sudah terencana.(rel)
 
Top