Padang,Lintas Media News
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar) Supardi secara prinsip mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional ( Porwanas) di Sumbar tahun 2024, sebagai momen meningkatkan peranserta insan wartawan Indonesia ikut serta memajukan pembangunan nasional dan Sumatera Barat. 

Hal itu disampaikan Supardi dalam acara silaturrahmi Ketua dan pengurus PWI dirumah dinas, Sabtu (6/5/2023). 

Ketua DPRD Sumbar menambahkan, kegiatan Porwanas bukan semata-mata lomba Olahraga insan wartawan semata, juga melainkan melekat peran profesi jurnalis yang dimiliki ikut serta menyebarkan informasi pembangunan Sumatera Barat dimedia mereka masing-masing baik secara nasional maupun, media di daerah mana mereka berasal. 

"Tentunya dampak positif dari kegiatan porwanas ini menjadi hal yang menarik dalam memberikan dorongan dan perhatian masyarakat Indonesia, baik dalam meningkatkan kunjungan wisata, investasi dan Sumatera Barat bagian tidak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Supardi. 
Supardi juga mengatakan, tahun 2024 itu tahun politik dalam kesinambungan pembangunan dan kepemimpinan nasional dan daerah, tentunya akan menyedot perhatian pemerintah provinsi Sumatera Barat terutama dalam pendanaan, namun tak usah kawatir karena event Porwanas dan insan pers bagian penting juga menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di dalam bingkai NKRI. 

"Karena itu perencanaan kegiatan, bentuk kegiatan perlu dipersiapkan secara baik dan matang. Menjaga marwah, martabat dan hargadiri Sumatera Barat dipentas nasional juga menjadi tugas kita bersama komponen daerah dan masyarakat," ungkapnya. 

Supardi juga mengingatkan, jangan sampai terlupakan bagaimana teman- teman insan pers Indonesia berbagai provinsi dan daerah itu juga memberikan penyebaran informasi potensi, keunggulan dan perkembangan kemajuan pembangunan Sumbar dengan kunjungan peserta Porwanas ke kabupaten dan kota se Sumatera Barat.

"Tentunya ini akan meningkatkan pemberitaan dan informasi tentang Sumbar, baik media pers serta media sosial yang mereka memiliki. PWI Sumbar hendaknya memberikan arti penting ini dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," harapnya. 

Ketua PWI Sumbar Dr.Ir. Basril Basyar dalam kesempatan itu juga menyampaikan Sumbar menjadi tuan rumah Porwanas ini bersaing dengan 4 daerah lainnya yang berminat. 

"Alhamdulilah setelah melalui proses, Sumbar akhirnya ditunjuk dan tentukan amanah inj mesti kita laksanakan secara maksimal dan baik. Gubernur telah menegaskan tekad dan semangatnya dan hari kita juga juga bangga dan senang hati Ketua DPRD juga memberjkan dukungan dan perhatiannya," katanya. 

Disisi lain Sekretaris DPRD Sumbar yang diwakjli Kabag Persidangan dan Perundang-Undangan  Zardi Syahrir, SH.MM mengingatkan kembali, peranan Insan Pers amat besar dalam memajukan pembangunan Sumatera Barat, ada banyak narasi cerdas, wacana pemikiran bernas lahir dari pemberitaan karya jurnalis serta juga lahir para jurnalis terbaik Sumbar yang menasional. 

"Hal ini terlihat nyata sejak zaman kepemimpinan Harun Zain, dimana ada muncul semangat mambangkik batang tarandam, membangun harga diri dan martabat masyakat Sumatera Barat, yang semesti menjadi semangat besar kita bersama insan pers dan pemerintah daerah," ungkapnya. 

Zardi juga menceritakan pesan moral Gubernur Gamawan Fauzi yang ia dapat pada saat jadi Subag Pemberitaan Biro Humas Setdaprov di era kemimpinannya.

"Peran Humas dengan kemitraan Pers memiliki tanggungjawab moral menciptakan tokoh, kepemimpinan daerah secara berkesinambungan. Sehingga daerah tidak kehilangan figur-figur kemimpinan yang terbaik dari masa kemasa. Pers ujung tombak informasi, karena itu insan pers Sumbar mesti berada ditengah dan terdepan dalam melaksanakan tugas mata, pendengaran, pikiran dan tulisan jurnalisnya terlahir sosok figur kemimpinan secara akuntabel dan berkepribadian yang paham budaya, serta tahu isi hati masyarakat yang  dipimpinnya. Dan dengan banyaknya lahir ketokohan daerah itu juga akan memunculkan ketokohan nasional",  ungkap.(*)
 
Top