Lintasmedia news.com,Kabupaten Dharmasraya ditunjuk menjadi tuan rumah Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 27, sekaligus Hari Taruna Siaga Bencana (Tagana) ke 19, yang dilangsungkan pada tanggal 29 Mei 2023 yang akan datang. Kementerian Sosial RI mengaku berupaya mendatangkan Presiden Joko Widodo dalam puncak acara tersebut di Kabupaten Dharmasraya.

Dalam beberapa hari ini, Tim Kementerian Sosial sudah melakukan peninjauan rencana pusat lokasi acara dengan mengunjungi beberapa tempat, diantaranya Sport Center, Gedung Pertemuan Umum (GPU) Pulau Punjung dan Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya.

“Pemilihan lokasi pusat acara masih akan dibicarakan. Pihak Kemensos masih akan mengkaji lokasi mana yang paling tepat, dengan mempertimbangkan faktor-faktor pendukung kelancaran dan kenyamanan berlangsungnya acara,” kata Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, pasca memimpin rapat persiapan kegiatan bersama Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia, Ditjen Rehabilitasi Sosial, Kemensos RI, Supomo, beberapa waktu lalu.

Direncanakan, Presiden Jokowi, atau Menteri Sosial, Tri Trismaharini akan melakukan dialog dengan ribuan lansia, baik secara langsung di lokasi utama, maupun secara parallel melalui teleconference di 11 kecamatan se Kabupaten Dharmasraya.

“Konsep dan teknis acara masih akan berkembang, Pemkab Dharmasraya dan Kementerian Sosial masih terus berkomunikasi secara intens untuk mematangkannya,” terang Ketua Umum Apkasi itu.

Sutan Riska juga mengucapkan ucapan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada Kementerian Sosial karena mempercayakan Kabupaten Dharmasraya sebagai tuan rumah kegiatan tingkat nasional. Katanya, hal ini merupakan penghargaan dan kebanggaan yang luar biasa bagi dirinya, Pemkab, maupun masyarakat Dharmasraya.

Pasalnya, selain akan disiarkan secara streaming, Dharmasraya juga bakal dikunjungi sejumlah pejabat penting, pekerja sosial, pers maupun tamu undangan lainnya, merupakan kesempatan untuk memperkenalkan Dharmasraya ke seluruh Indonesia. Apalagi jika Presiden Jokowi berkenan hadir langsung di lokasi acara.

Oleh sebab itu, Sutan Riska mengaku telah memerintahkan Sekretaris Daerah untuk mengkoordinasi seluruh jajaran di bawahnya agar melakukan upaya persiapan yang matang dengan mengerahkan segala potensi yang ada.

“Saya bersama jajaran Pemkab, dan masyarakat Dharmasraya akan berupaya semaksimal mungkin agar kegiatan tersebut sukses dan meninggalkan kesan bagi siapapun yang menyaksikan, baik secara langsung maupun secara live streaming,” ungkapnya.

Terkait kehadiran Presiden Jokowi, Sutan Riska mengkonfirmasi masih diupayakan. Diungkapkannya, Kementerian Sosial sudah melayangkan surat permohonan kehadiran kepala Negara ke Kantor Sekretariat Presiden RI.

“Tentu kehadiran Pak Presiden merupakan energi lebih bagi kita, namun demikian kalau beliau belum memiliki waktu, tentu kehadiran Mensos Buk Risma juga merupakan kebanggaan bagi kita,” tutupnya.(elda)
 
Top