Kab. Solok, Lintas Media News

Sebanyak 6.775  pelajar di Kabupaten Solok menjadi target untuk dilakukan perekaman KTP elektronik dalam Pekan Tuntas Perekaman KTP Pemilih Pemula (Pentas Plasma). Pada perekaman data pemilih pemula ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat menerapkan sistem jemput bola ke sekolah-sekolah. 

Kepala Disdukcapil Kabupaten Solok Ricky Carnova mengatakan, perekaman KTP Elektronik bagi calon pemilih pemula dalam Pemilu 2024 ini digelar dari tanggal 13 - 18 Februari 2023.  Dengan sasaran anak sekolah yang berusia 17 tahun atau sudah wajib ber-KTP.

"Ini merupakan upaya kita Disdukcapil agar mereka pelajar pemula yang wajib KTP bisa memiliki KTP dan memiliki hak pilih pada pemilu mendatang. Maka, untuk itu petugas Disdukcapil akan sambangi sekolah-sekolah secara bertahap selama sepekan ini," ujar Ricky, Senin (13/2/2023). 

Pentas Plasma merupakan salah satu upaya Pemkab Solok dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melantik Pantia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) di setiap Kabupaten dan Kota di Sumbar, ada sekitar 17.522 Pantarlih yang telah dilantik dan mulai bekerja untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) pemutakhiran data pemilih hingga 14 Maret 2023. Pantarlih dimaksud bertugas memastikan akurasi dan validasi daftar pemilih pemilu 2024. 

Komisioner KPU Sumbar, Izwaryani mengatakan, Pantarlih akan mendatangi setiap rumah warga yang ada di Sumbar untuk mencocokan data pemilih dengan meminta masyarakat untuk menunjukan KTP dan Kartu Keluarga (KK).  Selain itu, Pantarlih juga dibekali aplikasi penunjang yang dikembangkan KPU RI untuk pemutakhiran data pemilih. (Karta)

 
Top