Padang-.Lintas Media News.
Sebanyak 1.200 Mahasiswa Baru (maba) yang berada di Asrama Hijau Universitas Andalas (Unand) mendapatkan pelayanan pemeriksaan  gigi dan mulut gratis yang di lakukan oleh Fakultas Kedokteran Gigi Unand, Sabtu (17/9/22). 

Kegiatan Bakti Sosial Wilayah (baksoswil) FKG Unand ini merupakan rangkaian dari kegiatan Lustrum yang ke-2. Selain Baksoswil yang berupa screening gigi mulut, mahasiswa FKG  Unand turut memberikan edukasi kepada mahasiswa baru tentang pentingnya kesehatan mulut dan gigi.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Dekan 1 dibuka oleh direktur kemahasiswaan Unand  Khandra Fahmy, STP, MP, Ph.D bersama 
 Kepala UPT Asrama : Dr. Muhammad Hendri, S.P., MM

Dalam sambutannya, Khandra mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap baksoswil ini bisa berkelanjutan sehingga menjadi agenda rutin kemahasiswaan di Universitas Andalas
"Kita berharap kegiatan seperti ini diadakan secara rutin dan berkelanjutan karena memberikan manfaat edukasi dan membantu mahasiswa mengatasi masalah gigi dan mulut secara gratis, tidak hanya itu kita juga akan usahakan kegiatan ini nantinya bisa masuk dalam kurikulum kemahasiswaan". Ujar Khandra.

Wakil dekan 3. drg. Eni Rahmi, Sp.Pros mengatakan selain Baksoswil, rangkaian kegiatan Lustrum FKG Unand ini juga di adakan kegiatan Donor Darah, seminar, perlombaan dan lain-lain.

" Ada banyak rangkaian kegiatan Lustrum FKG Unand yang ke-2 ini, salah satu nya Baksoswil pemeriksaan gigi dan mulut yang diadakan di dua tempat yaitu Asrama Hijau Unand hari ini dan tgl 24 /9 di SDN Percobaan Padang". 

Eni berharap  pemeriksaaan maba baru di asrama hijau ini bisa membantu  memberikan edukasi tentang pentingnya  mengetahui lesehatan gigi dan mulut sehingga jika ada masalah bisa kita bantu melalui pemeriksaan lanjutan di rumah sakit gigi mulut.M.Jamil. 

Kegiatan Baksoswi FKG Unand dilakukan  di  Asrama Hijau  selama 3 hari berturut-turut dimana  total dokter gigi sebanyak  37 org dan  perhari ya 10 sampai 11 dokter yang menangani maba 2022. 

Reido salah seorang mahasiswa baru angkatan 2022 mengaku senang bisa diperiksa giginya secara gratis.

"Kebetulan gigi saya ada yang berlubang, mudah mudahan bisa diobati dan yang paling penting itu gratis, kalo di bawa ke klinik gigi pasti mahal biayanya." Ucap Reido sumringah.

ini diikuti oleh puluhan mahasiswa baru yang di Screening gigi dan mulutnya. Screening merupakan pemeriksaan awal lalu jika bermasalah ditangani lebih lanjut rs gigi mulut FKG Unand. Lalu edukasi 

Begitupun mario yang juga maba di Asrama Hijau ini berterima kasih sekali FKG telah memberikan edukasi dan pelayanan gratis pemeriksaan gigi mulut. 

Ketua panitia pelaksana Ananda Elvira 2019 menyiapkan acara ini bersama Gubernur BEM  Dzaky Sayyid Efendi dan mahasiswa FKG Unand.(**)
 
Top