MERANTI,Lintas Media.
Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menerima penghargaan Gamal Award kategori Pemerintah Daerah Sukses Mengembangkan Perkebunan Sagu Bernilai Tambah. Penyerahan penghargaan tersebut dilaksanakan secara virtual, Rabu (28/9/2022).

Ir. Gamal Nasir, MS selaku Founder Gamal Institute menyampaikan, pemberian Gamal Award bertujuan untuk menunjukkan bahwa masih banyak aparatur sipil negara yang memiliki visi, integritas dan memiliki spirit melayani masyarakat, sehingga berkontribusi terhadap kemajuan di bidang perkebunan. Menurutnya, upaya tersebut memberikan jawaban di tengah tumbuhnya generalisasi persepsi negatif terhadap aparatur sipil negara. 

"Di sisi lain, diharapkan keberadaan tokoh-tokoh penerima penghargaan dapat menjadi inspirasi bagi aparatur sipil lainnya," sebut Ir. Gamal.

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan penghargaan tersebut. Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti mendukung penuh kegiatan terkait karena mampu mengenalkan dan mengangkat produk unggulan daerah.

"Harapan kita kedepan komoditas sagu dan beragam produk turunannya dapat dijadikan pangan strategis nasional," kata bupati.

Dijelaskannya, kabupaten paling bungsu Provinsi Riau itu memiliki potensi sagu yang sangat baik, bahkan nomor satu di Indonesia. Saat ini potensi lahan sagu di Meranti mencapai 81 ribu hektar dengan jumlah produksi 247.014 juta ton pertahunnya.

"Pemkab terus melakukan pengembangan dari hulu hingga hilir.
Meranti juga telah mendapat Rekor Muri untuk olahan turunan sagu sebanyak 369 jenis," sebut Adil.

Dia berharap dengan penghargaan yang mengangkat tema Saatnya Pemerintah/Aparatur Perkebunan Katalisator Pengembangan Perkebunan itu, sagu Meranti akan lebih terpromosikan lebih luas lagi, hingga ke dunia internasional.

"Kami berharap penghargaaan yang didapat ini bisa menjadi motivasi dan semangat baik bagi petani sagu, pengusaha sagu maupun satuan kerja terkait kedepannya," harap H. M Adil.

Untuk kategori pemerintah daerah, selain Kepulauan Meranti, Gamal Institute juga memberikan award Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara karena dinilai berhasil mengembangkan tanaman kakao. 

Selain diikuti secara virtual oleh bupati, Sekretaris Daerah Bambang Suprianto bersama sejumlah kepala OPD, kepala bagian dan sejumlah pejabat lainnya juga menyaksikan secara virtual di Aula Kantor Bupati Meranti. (Nina/rls).
 
Top