DEPOK ,Lintas Media News.
Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti kembali menambah daftar sekolah tinggi di Indonesia untuk mencetak generasi anak daerah yang unggul. Tidak hanya dengan kampus umum, kali ini kerjasama dilakukan dengan Sekolah Tinggi Kulliyatul Quran (STKQ) Al Hikam.

Penandatanganan kesepakatan tersebut dilakukan oleh Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM, Kamis (29/9/2022), di Aula Pertemuan STKQ Al Hikam Kota Depok, Jawa Barat. 

Pengasuh Pesantren Mahasiswa Al-Hikam KH. Yusron Shidqi, Lc. M.Ag mengatakan kedatangan Pemkab Meranti tersebut merupakan momentum bagi pihaknya untuk bersimbiosis mutualisme dalam rangka pengembangan keilmuan para kader-kader Meranti yang akan dikirim nantinya.

"Terima kasih telah merespon tawaran kami ini," ucapnya.

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil berharap dengan kerjasama tersebut nantinya akan melahirkan putera-puteri daerah yang memiliki sumber daya manusia (SDM) unggul di bidang ilmu alquran dan tafsir.
Selain itu, dia juga berharap dapat terjalin sinergitas yang aktif dalam membina kader-kader muslim penghafal alquran khususnya yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Agar nantinya bisa mengembangkan potensi keilmuan mereka sehingga dapat berperan aktif tengah masyarakat," ujarnya.

Menurut bupati, para penghafal alquran jika diberdayakan secara optimal akan menjadi kader-kader muslim potensial, sehingga dapat memahami ajaran-ajaran islam secara komprehensif.

"Kedepan melalui program pendidikan yang terencana dengan baik, para penghafal alquran yang ada di Kepulauan Meranti akan kita arahkan untuk dapat mengembangkan potensi mereka di STKQ Al Hikam," jelas Adil.

Lebih jauh, lewat kerjasama itu, dia menginginkan banyak anak daerahnya menjadi tenaga ahli dan terampil serta ilmiah di bidang ilmu alquran. "Yang otomatis akan cinta kepada nusa dan bangsa sekaligus merupakan insan yang spiritual dan intelektual," harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Yayasan Al Hikam Depok Dr. H. Arif Zamhari, Ketua STKQ Al Hikam Depok Adib Minanul Cholik, M.Ag., dan Kepala Bagian Kesejahteraan Setdakab Meranti Syafrizal, S.Pd, M.Si. (Nina/rls).
 
Top