PADANG,Lintas Media News.
Serikat Pekerja Semen Padang (SPSP) menggelar donor darah pada Rabu (20/5/2022) di Gedung Serba Guna PT Semen Padang. Dalam kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB itu berhasil dikumpulkan sebanyak 326 kantong darah.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang Zulhardi Z Latif, mengapresiasi SPSP dan PT Semen Padang yang selalu rutin untuk melaksanakan donor darah sekali 2 bulan. 

Bahkan, Zulhardi menyebut bahwa kepedulian PT Semen Padang dan seluruh elemen perusahaan, tidak hanya berupa bantuan semen untuk masyarakat, namun juga menyumbangkan darah untuk pasien yang tengah menjalani perawatan di rumah sakit. 
"Rupanya PT Semen Padang tidak menyumbangkan semen saja, darah juga disumbangkan," katanya pada acara donor darah yang digelar SPSP.

PT Semen Padang, katanya melanjutkan, adalah salah satu BUMN yang selalu berkontribusi pada pemerintah, termasuk PMI Kota Padang dalam rangka memenuhi kebutuhan darah untuk membantu masyarakat.

Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Padang. Semoga, kerja tulus dan ikhlas para panitia donor darah ini menjadi amal ibadah. Begiotu juga dengan para pendoronor yang menyumbangkan darahnya. 

"Setetes darah dapat menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkannya. Karena, kita sama-sama tahu bahwa sampai sekarang ini belum ada pabrik darah di dunia ini. Hanya masyarakat lah yang bisa membantu masyarakat yang membutuhkan darah," ujarnya. 

Ketua Umum SPSP Faisal Arif menyebut bahwa donor darah ini dilakukan, karena kebutuhan darah di Unit Tranfsusi Darah (UTD) PMI Kota Padang sangat tinggi, dan tentunya butuh dukungan bersama untuk mengatasi kebutuhan tersebut. 

Untuk itu, ia pun mengajak rekan-rekan SPSP untuk ikut berkontribusi mendonorkan darahnya dan juga ikut serta memberikan edukasi kepada keluarga dan lingkungan agar mau mendonorkan darahnya ke UTD PMI. Karena, setetes darah bermanfaat untuk orang lain. 

Edukasi itu perlu dilakukan, karena menurut Faisal Arif, banyak manusia-manusia yang sehat secara jasmani dan kejiwaan yang masih menganggap negatif bahwa donor darah itu sakit, karena melihat jarumnya yang besar. 

Kemudian, juga ada yang beranggap bahwa donor darah berisiko menyebarkan penyakit, karena terjadi transfusi darah. Padahal, PMI sudah melakukan prosedural yang sangat aman, safety dengan peralatan steril, sehingga tidak ada potensi risiko menyebarkan penyakit.

Selain itu, bagi yang perempuan juga banyak beranggapan bahwa setelah donor bisa menyebabkan gemuk. Sebenarnya, gemuk atau tidak itu bukan akibat donor darah, tapi masalah tidak mengontrol nafsu makan. "Tidak donor pun kalau makan-makan dan tidur-tiduran di rumah juga bisa gemuk," katanya.

Secara terpisah, Direktur Keuangan & Umum PT Semen Padang Oktoweri mengatakan, kegiatan sosial donor darah ini merupakan agenda rutin PT Semen Padang enam kali dalam setahun. 


Ia berharap kegiatan donor darah yang dilakukan SPSP ini dapat membantu PMI Kota Padang dalam memenuhi stok darah, apalagi sejak pandemi Covid-19 stok darah menipis.

"Selain membantu PMI Kota Padang dalam memenuhi kebutuhan darah, donor darah ini tentu bermanfaat bagi kesehatan pendonor, karena donor darah dapat mendeteksi penyakit serius, meningkatkan produksi sel darah, dan menjaga kesehatan jantung," ujarnya.


Sumbangkan 326 kantong darah

Donor darah yang digelar PT Semen Padang bekerja sama dengan UTD PMI Kota Padang yang digelar sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB berlangsung antusias. Bahkan, sebanyak 326 kantong darah berhasil disumbangkan oleh SPSP.

"Alhamdulillah, jumlah darah yang kita sumbangkan ke PMI mencapai 326 kantong darah. Jumlah ini di atas target kita sebanyak 300 kantong darah. Untuk itu, saya sebagai Ketua Umum SPSOP, mengucapkan terima kasih kepada para pendonor," kata Faisal Arif. 

Faisal arif juga membeberkan bahwa pada donor darah ini, SPSP juga menggelar lomba voto dan video. Untuk syarat dan ketentuannya, adal;ah peserta atau pendonor darah pada acara donor darah SPSP 25 Mei 2022. 

"Foto dan video diambil pada saat acara donor darah SPSP dan diupload paling lambat hari ini pukul 23.59 WIB. Jumlah video maksimal 1 video dengan durasi maksimal 1 menit. Sedangkan untuk foto, jumlah maksimalnya 3 foto," ujarnya. 

Foto dan video, tambahnya, kemudian diupload ke medsos (instagram/ facebook) peserta dan tag ke Instagram @semenpadang atau FB Serikatpekerjasemenpadang dengan hashtag #DONORDARAHSPSP2022.

"Foto dan video dengan like terbanyak akan menjadi pemenang favorit 1, 2 dan 3. Sedangkan untuk pemenang foto terbaik 1,2 dan 3, serta video terbaik 1 dan 2, ditentukan oleh dewan juri," pungkasnya.(*)
 
Top