Dharmasraya, Lintas Media News.com-Dalam rangka memastikan suksesnya pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan melakukan peninjauan di sejumlah sekolah di Kecamatan Pulau Punjung, Kecamatan Sitiung, Kecamatan Koto Baru, Kecamatan Sungai Rumbai dan Kecamatan Koto Besar, hari ini Senin (31/01)

Kedatangan bupati juga dimaksudkan untuk memberi motivasi bagi anak usia sekolah dasar agar mau divaksin dengan suka rela. Hal itu dibuktikan bahwa dengan kedatangan bupati, mampu meningkatkan  semangat dan kepercayaan diri anak untuk mengikuti prosedur vaksinasi.

“Anak-anak ku, vaksin yang kita laksanakan hari ini adalah untuk menjamin kesehatan kita di masa depan. Bahwa apa yang kalian dapatkan hari ini, juga pernah bapak rasakan waktu divaksin dahulu”, ujar Sutan Riska mengenang saat divaksin untuk mencegah virus atau penyakit pada zamannya. 
Bupati juga menggugah, bahwa anak usia sekolah dasar saat ini merupakan generasi penerusnya di masa yang akan datang, oleh karena itu generasi penerus harus bebas dari Covid-19. “Kalian harus sehat, agar nanti kuat menjadi pemimpin Dharmasraya dan Indonesia di masa depan. Setuju!? Seru Sutan Riska, yang langsung dijawab kompak “setuju” oleh siswa.

Sutan Riska juga menghimbau orang tua siswa untuk tidak terprovokasi isu-isu hoax tentang vaksinasi anak yang beredar di tengah-tengah masyarakat. Ia mengungkapkan bahwa pemerintah pasti selalu ingin memberi yang terbaik buat masyarakat, oleh karena itu semua kebijakan yang diambil pemerintah pasti sudah melalui kajian dan pertimbangan yang matang.

“Yang pasti vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun sudah melalui tahapan uji klinis Badan Pengawas Obat dan Makanan, hingga aman dan halal untuk diaplikasikan”, jelas bupati yang saat itu didampingi Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah.

Pemerintah Kabupaten Dharmasraya mulai hari ini sedang giat melakukan vaksinasi anak usia 6-11 Tahun. Vaksinasi diawali dengan sosialisasi kepada orang tua siswa untuk memberi pemahaman bahwa vaksin penting buat anak.

Vaksinasi anak 6-11 tahun di Kabupaten Dharmasraya menyasar 24.293 anak usia sekolah, dan  24.044 untuk anak usia remaja 12-17 tahun. Untuk anak usia 6-11 Tahun per 31 Januari sudah dapat direalisasikan sebanyak 492 dosis pertama, sedangkan untuk remaja usia 12-17 tahun sudah mencapai angka 86,9 % untuk dosis pertama dan 67 % untuk dosis kedua.(elda)
 
Top