Dharmasraya.Lintas Media News.com, - Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan menggugah semangat siswa, untuk terus giat belajar demi mencapai sukses di masa yang akan datang. Ajakan tersebut diungkapkan bupati saat menjadi pembina upacara Senin (21/02) di SMA Negeri 1 Sitiung.

Menurut bupati, anak Dharmasraya tidak perlu minder dan harus menunjukkan bahwa mampu tampil terdepan ditengah-tengah masyarakat Indonesia.

“Walaupun kita berada di daerah, namun kita mempunyai semua potensi untuk dapat menyamai atau bahkan melampaui prestasi anak-anak lain di seluruh Indonesia”, lanjut bupati.

Bupati menceritakan pengalamannya yang tumbuh dan bersekolah menengah di Kabupaten Dharmasraya akan tetapi mampu tampil di tingkat nasional. Pasalnya selain dipercaya warga Dharmasraya menjadi bupati dua periode, dirinya juga diamanahi memimpin 416 bupati yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI)

“Untuk mewujudkan hal itu, tidak lain kecuali menunjukkan keseriusan dalam belajar dan semangat yang tak kunjung padam”, kata Sutan Riska.

Atas keseriusan dan semangat itu kata Sutan Riska, dirinya yang saat awal memerintah mendapati Dharmasraya berada pada posisi 17 diantara 19 Kabupaten/ Kota se Sumatera Barat dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD), mampu menjadikan Dharmasraya menjadi yang terbaik hanya dalam waktu tiga tahun saja.

“Ke depan, untuk menjadikan Dharmasraya menjadi lebih baik lagi tentu kita memerlukan generasi yang mampu melanjutkan kepemimpinan yang telah kami rintis”, lanjut Bupati.

Oleh karena itu, untuk mempersiapkan generasi unggul Dharmasraya di masa yang akan datang, Pemerintah Daerah saat ini sedang menjajaki kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia.

“Semoga ini memudahkan anak-anak Dharmasraya untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi dan siap melanjutkan estafet kepemimpinan Dharmasraya di kancah nasional di masa yang akan datang”, harap bupati  

Sementara itu, menyinggung ujian nasional tahun pelajaran 2021/2022, bupati mengajajak siswa kelas XII persiapkan diri untuk memperoleh nilai bagus dan tidak mengecewakan majelis guru dan orang tua.

Menurut bupati, meski siswa yang akan menghadapi ujian akhir sekolah tahun ini merupakan hasil tempaan pandemi, namun ia yakin siswa-siswi Kabupaten Dharmasraya mampu bersaing untuk memperebutkan kursi di perguruan tinggi ternama di Indonesia.

“Mungkin sebagian mengira bahwa ujian nasional itu sulit, namun jika kita percaya dan yakin dengan apa yang kita inginkan, kita akan selalu giat berlatih dan berusaha maka kita akan mudah menghadapinya”, kata bupati.

Bupati mengutip ungkapan penulis Amerika terkenal William A Word yang mengatakan bahwa resep kesuksesan adalah “belajarlah ketika orang lain tidur, dan bekerjalah ketika orang bermalasan”.

“Motovasilah diri anda untuk belajar dengan keinginan tinggi untuk menggapai yang dicita-citakan. Semakin ke sini kita akan semakin sadar bahwa belajar tidak hanya sebatas di kelas atau sekolah. Belajar bisa dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja”, lanjut bupati.

Tidak lupa bupati mengajak siswa untuk selalu patuh dan taat kepada kedua orang tua. Pasalnya kata bupati, dengan restu orang tua, maka ridho Allah SWT akan selalu menyertai setiap langkah yang akan diambil.

“Jangan lupa berdoa, semoga Allah SWT memberi hasil terbaik dalam ujian nasional yang akan segera dihadapi”, tutup bupati(elda).
 
Top