Ketua PMI Sumbar Aristo Munandar menyerahkan bantuan peralatan K3 kepada Kepala SMP 37 Padang. (foto:hms)

Padang, Lintas Media News

Anak-anak SD yang rindu bertemu para guru serta teman-teman sekolahnya membuat Ketua PMI Sumbar jadi terharu. “Sudah lama mereka tidak bertemu ibu guru mereka, saya terharu ketika menanyakan kenapa mereka mau sekolah sekarang setelah setahun libur karena covid, jawab mereka adalah karena rindu ibu guru,” kata Ketua PMI Sumbar Aristo Munandar.

Ia mengatakan hal itu usai melaksanakan kegiatan bersih-bersih sekolah pada hari kedua kemarin di SD 13 Sungai Pisang. Kegiatan yang merupakan bagian dari peringatan HUT ke-76 Palang Merah Indonesia itu dilaksanakan selama dua hari, Rabu dan Kamis kemarin pada 10 sekolah mulai dari SD sampai SMA Kota Padang.

Dari laporan para pengurus yang dibagi dalam beberapa tim, Aristo menyebutkan bahwa rata-rata anak-anak SD dan SMP menyatakan kerinduan mereka untuk bersekolah karena sudah terlalu lama berada dalam kondisi tak bisa datang sekolah bertatap muka seperti biasa.

“Ada juga yang begitu naik kelas tahun lalu, belum pernah ketemu langsung teman-temannya sekelasnya, kini mereka bisa bertemu muka dan saya lihat mereka sangat bahagia,” kata Aristo didampingi Wakil Ketua PMI Sumbar Zaitul Ikhlas Saad. 

Dalam melakukan aksi bersi-bersih sekolah itu, PMI Sumbar juga membagikan 30 paket peralatan kebersihan di sekolah-sekolah yang terpilih di Kota Padang.

Kegiatan ini, kata Aristo, dilaksanakan untuk merespon dimulainya proses belajar mengajar secara tatap muka di Kota Padang. banyak sekolah yang karena sudah lama ditingga;l murid-muridnya sudah perlu dibersihkan.

Karena itu selain membagikan peralatan kebersihan, sekitar satu jam di tiap sekolah yang dikunjungi dilaksanakan gotong royong bersama dengan para siswa serta guru-guru.

Ketua PMI Sumbar Aristo Munandar mengatakan, bahwa kegiatan aksi bersih sekolah ini Kegiatan ini semestinya dilaksanakan pada tanggal ulang tahun PMI (17 September) tetapi karena Kota Padang masih dalam status PPKM Level-4 ketika itu, maka kegiatan ini terpaksa ditunda dulu.

“Kita melaksanakan kegiatan ini di 10 sekolah di Kota Padang. Salah satunya SD 13 Sungai Pisang ini,” beber Aristo. Hari sebelumnya dengan dipimpin oleh Zaitul Ikhlas, Refdialmon serta Eko Yanche Edrie, PMI Sumbar telah melaksanakan aksi bersih di SMA 3 Padang dan SMA 4 Sumbar, SMA PGAI Padang, SMP Adabiah Padang, SMP 27 Padang, SD 12 Sungai Sapih dan, SD 27 Sungai Sapih.

Kepala SD 13 Sungai Pisang Arisman mengucapkan terima kasih kepada PMI Sumbar yang tela memilih tersebut dalam kegiatan ini. “Terima kasih PMI Sumbar dan PMI Kota Padang telah memberikan perhatian kepada sekolah kami. Bantuan ini sangat bermanfaat dan akan kami pergunakan sebagai mana mestinya,” tutur Arisman.

Begitu juga dengan Kepala SMA PGAI, Yurnalis. Dia mengatakan hendaknya kegiatan ini bisa diteruskan secara berkala untuk memacu semangat kegotongroyongan di kalangan siswa. (*/b/hms)

 
Top