Payakumbuh , LINTASMEDIANEWS.COM. Wali Kota Riza Falepi terus meningkatkan jumlah sarana dan prasarana olah raga di Kota Randang. Pemerintah Kota Payakumbuh melanjutkan pembangunan Gedung Olah Raga (GOR) Tipe B di kawasan Batang Agam, Kelurahan Tanjung Pauh pada tahun 2021.

Untuk melanjutkan pembangunan GOR yang diidamkan warga Payakumbuh itu, kali ini PT. Lingkar Persada Cabang Payakumbuh melaksanakannya dengan anggaran Rp. 6.647.500.000 dari APBD Kota Payakumbuh dengan pengawas CV. Parades Karya Consultant, dimulai pada 7 Juni 2021 lalu.

Menurut Site Manager PT. Lingkar Persada Cabang Payakumbuh M. Datuak Ogah saat ditemui media di lokasi pembangunan GOR Tipe B, Kamis (9/9), menerangkan berdasarkan progres pekerjaan dari kontrak mereka saat ini, pembangunan yang mereka kerjakan sudah memasuki tahap akhir, tinggal finishing saja, sekitar 40 persen lagi.

"Kami sudah memasang atap, kuda-kuda, Tribun, ruangan dan WC, pasang bata, plesteran, dan pengecatan. Kami juga akan mulai memasang  ACP atau Aluminium Composite Panel, suatu material yang berupa plat datar yang terbuat dari bahan Polyethylene (PE) dan dilapisi dengan bahan aluminium pada kedua sisinya. ACP biasanya digunakan untuk melapisi dinding eksterior untuk menampilkan sisi artistik yang begitu elegan pada bangunan, pokoknya kita buat yang cantik untuk warga Payakumbuh," kata Dt. 

Menurut Dt. Ogah, ada waktu sekitar tiga bulan lagi pengerjaannya mereka lakukan, kendala yang mereka alami hanya pada distribusi material, karena kondisi akses jalan yang belum diaspal, masih jalan tanah, sehingga setelah hujan kadang membuat mobil tersangkut di genangan air berlumpur. Ditambah lagi, karena ada material yang dipesan dari Jakarta, terkadang proses distribusinya macet.

Ditemui di tempat terpisah, Kadisparpora Desmon Corina diwakili Kabid Pemuda dan Olahraga Delni Putra menerangkan daerah penerima DAK untuk pembangunan GOR Tipe B dari Kemenpora RI ini berjumlah sebanyak 40 Kabupaten Kota di seluruh Indonesia, dan Kota Payakumbuh menjadi satu-satunya daerah di Sumbar yang mendapatkan dana tersebut.

Dengan luas bangunan lebih kurang 2000m² (42x49), GOR tersebut nantinya akan memiliki 4 ( empat ,) lapangan Bulu Tangkis, 1 ,(satu)  lapangan Bola Basket, 2 ( dua ,) lapangan Bola Voli, empat lapangan Sepak Takraw, dan 1 ( satu ) Tenis lapangan. Khusus untuk lapangan Futsal di GOR Tipe B tidak digunakan untuk tingkat Nasional, hanya untuk tingkat lokal seperti tingkat Provinsi dan Kota.

Dijelaskannya, jumlah arena olahraga untuk GOR tipe B itu sudah sesuai dengan Permenpora Nomor 8 Tahun 2018 yang menjelaskan bahwa setiap GOR tipe B harus dapat memuat lima cabang Olah Raga untuk tingkat Nasional serta enam cabang untuk tingkat lokal, seperti provinsi dan Kabupaten Kota.

"Apabila nanti pembangunan GOR tersebut sudah tuntas, Kota Payakumbuh dipastikan bisa menjadi tuan rumah dalam menggelar berbagai iven Olah Raga berskala Nasional," kata Delni. (H/Muchlis)
 
Top