Agam, Lintas Media News

Ninik mamak basa Barampek nagari Bawan,mengajak anak kemenakan nagari Bawan, memiliki karakter yang  kuat. Oleh sebab itu,imwarizal SPd.MM.Dt Tan Majolelo,meminta para kemenakan supaya bisa  mengembangkan kerja bakti dan sosial di tengah masyarakat, serta mematuhi ihimbauan satgas Covid 19 agar mematuhi prokes .

Salah satu contohnya, apa yang telah di buat oleh Ninik mamak Basa Barampek nagari Bawan, menjenguk kemenakan sedang sakit, membentuk sekretariat badan  Amil Zakat (BAZ) Basa Barampek, alhamdulilah sudah di mulai di Ramadhan kemarin, dengan sasaran  lanjut usia (lansia) melainkan tentang membangun empati dan sosialisasi dengan lingkungan sekitar.

"PR-nya itu menengok tetangga yang sakit, menengok kawannya yang sakit, kemenakan kita bisa diberi PR memberikan makanan kepada tetangga yang kurang mampu," kata Imwarizal saat membuka Rapat Koordinasi anak kemenakan basa barampek,di mushalla kaum chaniago,di bawah payuang imwarizal SPD,M.M.Dt Tan Majolelo di surau batu,jorong pasar bawan, nagari bawan kecamatan ampek nagari kab agam, Rabu (11/8/2021).

Pendidikan karakter sangat bergantung pada kualitas seorang Ninik mamak. imwarizal pun mengajak para ninik mamak,ntuk meningkatkan diri agar dapat menginspirasi dan menjadi teladan para kemenakan.

Imwarizal berharap,Ninik mamak mampu mendorong kemenakan  untuk menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan adat, karakter yang sangat penting bagi perkembangan anak kemenakan , yaitu yang berkaitan dengan etos kerja, kejujuran, disiplin diri, integritas, kerja keras dan sifat-sifat pantang menyerah.

"Sekali lagi, mamak bertugas  membimbing kemenakan tidak hanya dalam adat  saja, tetapi meliputi seluruh perkem bangan dan perilaku kemenakan," ujar Imwarizal. (Fahmi/jr)

 
Top