Pdg. Panjang, Lintas Media News

Dalam rangka pemerataan pemasangan baru pipa air PDAM bagi warga Kota Padang Panjang. PDAM memberikan kemudahan bagi pelanggan, termasuk untuk pemasangan sambungan baru

Calon pelanggan, diberikan kesempatan atau keringanan tentang pembiayaan dengan 2 (dua) metode/cara. Yakni dengan pembayaran tunai/keseluruhan dan sistem mencicil bagi calon pelangan. Hal tersebut, dikatakan Direktur PDAM, Adrial Bakar, menjawab LintasMedia.News diruang kerjanya, Senin,19/4/2021.

Pelanggan, untuk pemasangan sambungan baru, hanya akan dikenakan pembiayaan sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB), yang mengacu harga satuan saat pemasangan. Pelanggan tidak dikenakan biaya lainnya, seperti upah atau biaya tambahan lainnya untuk pemasangan sambungan baru.

Pembayaran sambungan baru, pelanggan cukup membayar sesuai dengan RAB yang telah disetujui pihak PDAM. Baik secara tunai/keseluruhan, maupun dengan sistem cicilan yang terbagi dalam 3 (tiga) metode.  Masing-masing Metode Cicilan 2X (40%, 60%), Metode Cicilan 3X (40%, 30%, 30%) dan Metode Cicilan 4X (40%, 20%, 20%, 20%).

Pembayaran cicilan..dapat dilakukan setiap bulannya, dan jika pelanggan tidak melakukan pembayaran selama 3 bulan berturut-turut akan dikenakan sanksi pemutusan sementara, serta dikenakan biaya penyambungan kembali.

Program dirancang PDAM ini, merupakan ujud kepedulian perusahaan daerah untuk masyarakat yang selamanini belum menikmati air PDAM. Jadi, dengan program ini, nasyarakat diberi keringanan berupa uang cicilan untuk pemasangan jaringan pipa baru.

Disamping memberi keringanan pada calon palanggan baru. Program ini, merupakan target Perusahaan daerah yang diembankan pemerintah daerah. Bagaimana, seluruh warga Padang Panjang bisa menikmati air bersih langsung kerumah rumah penduduk.

Gayung pun, bersambut. PDAM, selaku pwngelola air bersih dikota ini mentanggupi tantangan tersebut. Bagi, warga berminat cepar urus cepat administrasinya ke PDAM. Syarat dan ketentuan, bisa pelanggan tanyakan langsung kekantor PDAM tiap hari kerja.

Lebih jauh Adrial mengatakan, meski kondusi cuaca yang sukar diprediksi dalam tiga bulan belakangan. Namun, ketersedian air pada sumber sumber yang ada cukup untuk mengaliri seluruh pelanggan yang ada. Jika, ada gangguan sifat tidak permanen dan dapat ditanggulangi dengan cepat, seperti kebocoran pipa jaringan atau petugas melakukan pencucian bak penampungan guna membersihkan sampah menumpuk pada bak penampungan, terang Sang Direktur.

Puasa dan lebaran kelak, ketersedian air cukup pada masung masing bak penampungan. Artinya, pada puasa dan lebaran rahun ini, tingkat pemakaian air masyarakat terbikang cukup tinggi. Namun, semua masih dalam batas normal, bila dibanding pada hari biasa sebelum masuk bulan Ramadan.

Untuk itu pihak kita, sangat menjaga sekali kondisi tersebut. Kita, tidak menginginkan adanya pelangan yang airnya terganggu selama puasa dan lebaran. Sebisa mungkin, itu yang kita ingatkan sekali pada petuga kapangan untuk cepat merespon segala entuk laporan masyarakat, terkait kendala air kerumah rumah pelangan, ujarnya.

Tidak saja, kelancaean air kerumah rumah penduduk. Rumah ibadah, masjid dan mushala jyga menjadi prioritas utama PDAM dalam menjaga kelancaran air untyk keperluan beribadah. Artinta, pihak kita tidak ingin menanggung malu dengan membiarkan tempat beribadah kekurangan air, apa lagi alami gangguan permanen, pungkas Direktur. (maison pisano)

 
Top